Sukses

Mahfud MD Mundur sebagai Menko Polhukam, Bagaimana Dampaknya ke Pasar Saham?

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam. Begini kata analis.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD menyatakan mundur dari kursi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Bagaimana dampaknya ke pasar saham?

Pengamat pasar modal Desmond Wira menuturkan, Mahfud MD mundur sebagai Menko Polhukum tidak berdampak terhadap bursa saham. "Tidak berdampak, tidak ada hubungan kuat,” ujar Desmond saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, ditulis Kamis (1/2/2024).

Demikian juga disampaikan Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana. Ia menuturkan, saat ini pelaku pasar mencermati nada bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) yang cenderung hawkish. The Fed diprediksi belum memangkas suku bunga pada Maret 2024. Hal ini bakal berdampak terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 

"Kami perkirakan dengan mundurnya pak Mahfud MD korelasi ke  market tidak besar. Saat ini market sedang dipengaruhi oleh nada the Fed yang masih cenderung hawkish dan diperkirakan pada Maret belum terjadi cut rate,” kata Herditya.

Herditya menambahkan, pasar juga akan hadapi rilis data inflasi Indonesia. “Dan investor juga masih wait and see akan momen Pemilu yang tinggal kurang lebih 13 hari lagi,” kata dia.

Hal senada dikatakan Associate Director of Research and Invesment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus. Nico menuturkan, Mahfud MD mundur sebagai Menko Polhukum tidak terlalu berdampak ke pasar saham.  Hal yang menjadi perhatian pelaku pasar, menurut Nico adalah posisi menteri ekonomi seperti menteri keuangan.

Namun, ia menuturkan, Mahfud MD mundur sebagai Menko Polhukum juga memang harus diisi segera posisinya dan Mahfud MD juga fokus dalam kampanye pemilu.

Adapun sentimen utama pada Kamis pekan ini yang akan pengaruhi pasar menurut Nico adalah sentimen the Fed. Ia menuturkan, ketua the Fed Jerome Powell telah memupus harapan investor dan pelaku pasar  untuk penurunan suku bunga pada Maret 2024.

"The Fed menjadi perhatian. Powell janji akan menaikkan suku bunga lebih lama dan tidak akan menurunkan suku bunga, pupuskan harapan pelaku pasar dan investor,” kata dia.

Sebelumnya cawapres nomor urut 03 Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam. Surat pengunduran diri sudah ia cetak dan tinggal menunggu jadwal bertemu Presiden Joko Widodo. 

“Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya,” kata Mahfud lewat siaran langsung dari Lampung, Rabu, 31 Januari 2024, seperti dikutip dari Kanal News Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Serahkan Surat Pengunduran Diri

Mahfud menyebut saat ini Jokowi tengah berada di luar Jakarta hingga Kamis 1 Februari 2024. Sehingga ia baru bisa menyerahkan surat pengunduran diri pada hari tersebut, atau segera setelah Jokowi kembali ke Istana. 

“Presiden berada di luar Jakarta sampai Kamis,” ujar dia.

“Saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum saya bertemu dengan bertemu kepada Presiden, saya hanya akan menyampaikan surat singkat saja, dengan itu tadi saya dulu diangkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat, saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau,” ia menambahkan.

Menurut Mahfud, ia tak bisa asal mundur tanpa bertemu langsung dengan Jokowi. Sebab ia mengaku diangkat dengan baik-baik, oleh karena itu ia harus menjaga etika.

“Sekali lagi, harus atau bersikap tinggal gelanggang colong playu, yaitu tadi karena etika. Etika itu adalah ekspresi dari moral, etika itu adalah ekspresi dari kejujuran, etika itu adalah ekspresi dari penghayatan keagamaan, dan kesantunan budaya,” pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Penutupan IHSG pada 31 Januari 2024

Sebelumnya diberitakan, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau pada perdagangan saham Rabu (31/1/2024). Pergerakan IHSG terjadi di tengah mayoritas sektor saham yang menghijau dan aksi beli investor asing.

Dikutip dari data RTI, IHSG bertambah 0,22 persen ke posisi 7.207,94. Indeks LQ45 melesat 0,26 persen ke posisi 974,21. Mayoritas indeks saham acuan menghijau.

Pada perdagangan Rabu pekan ini, IHSG berada di level tertinggi 7.247,51 dan terendah 7.192,64. Sebanyak 257 saham menguat dan 251 saham diam di tempat.257 saham melemah. Total frekuensi perdagangan 1.134.828 kali dengan volume perdagangan 18,9 miliar saham.

Nilai transaksi harian saham Rp 11,9 triliun. Investor asing beli saham Rp 1,51 triliun. Sedangkan selama 2024, investor asing beli saham Rp 8,32 triliun.

Pada perdagangan saham Rabu pekan ini, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) naik 1,15 persen ke posisi Rp 88 per saham. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 90 dan terendah Rp 84 per saham.

Total frekuensi perdagangan saham 21.483 kali dengan volume perdagangan 42.823.480 saham. Nilai transaksi harian saham GOTO tercatat Rp 87,4 miliar.

Mayoritas sektor saham (IDX) menghijau yang dipimpin sektor saham keuangan. Sektor saham keuangan naik 1,11 persen. Sektor saham nonsiklikal bertambah 0,75 persen, sektor saham teknologi menguat 0,59 persen, dan sektor saham infrastruktur naik 0,53 persen.

Sementara itu, sektor saham basic turun 0,04 persen, sektor saham siklikal terpanjang 0,20 persen untuk sektor siklikal dan sektor saham kesehatan turun 0,12 persen.

4 dari 4 halaman

Bursa Saham Asia Pasifik

Sebelumnya diberitakan, bursa saham Asia Pasifik melemah ke level terendah dalam lima tahun. Sedangkan indeks saham Australia mencatat rekor sepanjang masa.

Dikutip dari CNBC,  Rabu, 31 Januari 2024, indeks saham ASX 200 naik 1,06 persen ke posisi 7.680,7, melampaui rekor tertinggi sebelumnya di 7.632 pada 13 Agustus 2021.

Hal ini terjadi setelah tingkat inflasi kuartal IV di negara itu lebih rendah dari perkirana sebesar 4,1 persen yang merupakan level terendah sejak kuartal yang berakhir pada Desember 2021.

Indeks CSI 300 melemah ke level terendah dalam lima tahun, setelah susut 0,91 persen ke posisi 3.215,35. Hal ini terjadi setelah aktivitas manufaktur China yang susut selama empat bulan berturut-turut pada Januari. Indeks pembelian manufaktur resmi tercatat di 49,2. Indeks Hang Seng Hong Kong susut 1,78 persen.

Di sisi lain, indeks Nikkei 225 menguat 0,6 persen ke posisi 36.286,71. Indeks Topix naik hampir 1 persen ke posisi 2.551,10.

Selain itu, indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,07 persen ke posisi 2.497,09. Indeks Kosdaq tergelincir 2,4 persen ke posisi 799,24.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini