Sukses

Kekayaan Perempuan Terkaya Asia Merosot 85 Persen Gara-Gara Ini

Kekayaan Yang Huiyan sempat menembus USD 29,6 miliar pada 2021. Akan tetapi, kekayaan Huiyan anjlok hingga USD 25 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Yang Huiyan, sosok yang pernah menyandang status perempuan terkaya di Asia itu telah menyaksikan kekayaannya anjlok hingga USD 25 miliar selama dua tahun terakhir.

Salah satu penyebabnya karena saham perusahaannya yang bergerak di bidang properti, Country Garden telah merosot ke level terendah sepanjang masa akibat penurunan laba dan krisis utang.

Melansir Forbes, Selasa (16/8/2023), kekayaan Yang Huiyan per hari ini ditaksir mencapai USD 4,4 miliar. Dengan kekayaan tersebut, ia berada di posisi 643 dalam daftar orang terkaya di dunia. Yang Huiyan debut sebagai miliarder perempuan termuda di dunia pada 2007 lalu saat berusia 26 tahun.

Kekayaan Yang Huiyan sempat mencapai USD 29,6 miliar pada 2021, artinya terjadi penurunan sekitar USD 25,2 miliar atau 85 persen jika dibandingkan dengan kekayaannya saat ini. Sebagian besar kekayaannya saat itu berasal dari 57 persen sahamnya di perusahaan.

Namun, saham tersebut kehilangan sepertiga dari nilainya pekan ini di tengah berita bahwa perusahaan telah melewatkan pembayaran bunga obligasi sebesar USD 22,5 juta.

Country Garden masih memiliki masa tenggang 30 hari untuk melakukan pembayaran yang jatuh tempo pada 6 Agustus, tetapi perusahaan telah mulai persiapan untuk restrukturisasi utang. Juru bicara Country Garden sebelumnya mengatakan bahwa kas Country Garden yang dapat digunakan telah menurun seiring penurunan penjualan.

Lama dianggap sebagai pemain papan atas di pasar real estate China, perusahaan tersebut sebelumnya telah memisahkan diri sebagai salah satu dari sedikit pengembang properti yang tersisa yang mampu memenuhi kewajiban utangnya.

Namun, sekarang tekanan ada pada Yang Huiyan untuk melihat apakah dia dapat mengumpulkan cukup uang untuk membayar hutang, yang mencakup sekitar USD 4,3 miliar obligasi dalam dan luar negeri yang jatuh tempo pada 2024. Angka itu termasuk obligasi yang dapat diselesaikan oleh investor, artinya mereka memiliki hak untuk menuntut pembayaran dari Country Garden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Country Garden Alami Kerugian

Salah satu obligasi luar negeri perusahaan yang jatuh tempo pada Januari 2024 telah jatuh menjadi kurang dari USD 10 sen, menunjukkan investor menetapkan harga dalam keadaan default yang akan segera terjadi.

Moody's Investors Services menurunkan peringkat Country Garden tiga tingkat lebih dalam menjadi 'junk' pada hari Kamis, merujuk pada memburuknya likuiditas dan meningkatnya risiko pembiayaan kembali.

Country Garden mengungkapkan bahwa perusahaan menghadapi kerugian bersih untuk paruh pertama 2023 hingga USD 7,7 miliar. Berbalik dibandingkan posisi paruh pertama tahun lalu, di mana perusahaan masih mengantongi laba USD 265,7 juta.

Pekan lalu, perusahaan membatalkan rencana penjualan saham senilai USD 300 juta karena alasan yang tidak ditentukan. Perusahaan sangat terpukul karena sekitar dua pertiga dari proyeknya terletak di kota-kota tingkat rendah, di mana harga properti tidak begitu tangguh di tengah pelemahan ekonomi China yang lebih luas, serta tanda-tanda deflasi yang meningkat.

Kontrak penjualan menurun sekitar sepertiga menjadi USD 18 miliar pada paruh pertama tahun ini. Moody's mengatakan dalam catatan penelitiannya pada Kamis pembayaran kupon obligasi yang terlewatkan akan semakin merusak kepercayaan pasar dan menahan akses pendanaannya.

Sejak Yang Huiyan menjadi ketua, Country Garden memiliki akses ke aliran dana yang terbatas. Perusahaan menerima pembiayaan USD 115 juta pada April dari Flow Capital dan USD 35 juta lainnya pada Juli yang berasal dari Chong Hing Bank.

Industri real estat China yang pernah berkembang pesat menyumbang sebanyak 30 persen dari PDB negara itu. Tetapi banyak pengembang besar terlilit utang besar, ditandai dengan runtuhnya Evergrande dua tahun lalu yang diikuti oleh gelombang gagal bayar di seluruh industri. Country Garden memasuki pasar publik pada 2007 dengan rekor IPO senilai USD 1,7 miliar di Hong Kong. Pada Maret 2023, Yang menggantikan ayahnya Yang Guoqiang sebagai chairman perusahaan yang ia dirikan.

 

 

3 dari 5 halaman

Sektor Properti China Belum akan Bangkit, Dampaknya Bisa Menjalar ke Negara Lain

Sebelumnya, ekonom di Wall Street mengungkapkan bahwa pelemahan sektor properti di China dikhawatirkan menjadi hambatan pertumbuhan ekonomi negara tersebut selama bertahun-tahun yang akan datang. Bahkan, fenomena tersebut dapat berdampak pada negara-negara di kawasan lain.

Bank-bank Wall Street memperingatkan."Kami melihat kelemahan terus-menerus di sektor properti, terutama terkait dengan kota-kota tingkat rendah dan pembiayaan pengembang swasta, dan percaya tampaknya tidak ada perbaikan cepat untuk mereka," kata ekonom Goldman Sachs dalam sebuah catatan akhir pekan, dikutip dari CNBC International, Rabu (14/6/2023).

Ekonom Goldman Sachs, yang dipimpin oleh Lisheng Wang mengatakan bahwa pasar properti China diperkirakan akan membentuk "pemulihan bergaya L" - didefinisikan sebagai penurunan tajam diikuti oleh tingkat pemulihan yang lambat.

"Kami hanya mengasumsikan pemulihan 'berbentuk L' di sektor properti di tahun-tahun mendatang," kata mereka.

"Berdasarkan perkiraan kami, pelemahan properti kemungkinan akan menjadi penghambat pertumbuhan multi-tahun bagi China, tetapi hal itu bisa jadi tidak terlalu menyakitkan di 2023 dibandingkan 2022," tambahnya.

Data dari Mei 2023 menunjukkan sektor properti China masih berjuang untuk bangkit, meskipun sudah ada tanda-tanda pemulihan awal tahun ini.

Pengamat pasar memperkirakan China kemungkinan akan mendukung sektor real estat melalui kebijakan stimulus fiskal, yang diperkirakan akan dirilis karena ekonomi berjuang untuk mendapatkan kembali momentum setelah dibuka kembali dari Covid-19.

Pada Selasa 13 Juni 2023, saham properti China yang terdaftar di Hong Kong melonjak setelah People's Bank of China memangkas tingkat pembelian kembali sebesar 10 basis poin dari 2 persen menjadi 1,9 persen, menandai pemotongan pertama sejak Agustus 2022.

Saham pengembang properti Logan Group juga melonjak 4,5 persen dan Country Garden naik 4 persen di tengah harapan stimulus lebih lanjut dan pelonggaran kebijakan ke depan.

 

4 dari 5 halaman

Stimulus Jadi Harapan

Ekonom Goldman Sachs juga mencatat ada harapan bagi pemerintah China untuk memperkenalkan lebih banyak paket stimulus perumahan untuk mendukung sektor ini.

"Kami yakin prioritas kebijakan adalah untuk mengelola pelambatan multi-tahun daripada merekayasa siklus naik," kata para analis, menambahkan bahwa Goldman tidak mengharapkan "pengulangan program renovasi kota yang didukung uang tunai 2015-18."

Mereka mengacu pada proyek pembangunan kembali perkotaan di China yang bertujuan untuk merenovasi jutaan rumah yang rusak selama periode waktu tertentu untuk mendorong urbanisasi dan meningkatkan mata pencaharian.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Antara Bisnis Milik Pemerintah dan Swasta

Kekhawatiran lain untuk sektor properti di China adalah perbedaan yang luas antara bisnis properti milik pemerintah dan perusahaan swasta di industri ini, menurut Kepala Strategi Pasar Asia JPMorgan, Tai Hui.

"Saya pikir pemulihan akan lambat, tetapi saya pikir ada juga perbedaan besar antara pengembang milik negara yang telah melakukan lebih baik dalam rebound saat ini versus lebih banyak pengembang sektor swasta, yang masih berjuang,” kata Hui kepada CNBC's Squawk Box Asia.

Sektor properti juga disorot dalam laporan kerja pemerintah yang dirilis awal tahun ini, yang menyerukan dukungan bagi orang-orang yang membeli rumah pertama mereka dan untuk membantu menyelesaikan masalah perumahan penduduk kota baru dan kaum muda.

Hui mengatakan dorongan pemerintah untuk membatasi harga properti pada tingkat tertentu bisa kehilangan sebagian besar pembeli potensial.

"Sementara pihak berwenang telah melonggarkan beberapa kebijakan mereka dalam 6 hingga 9 bulan terakhir, saya pikir niat untuk mempertahankan keterjangkauan harga, yaitu tidak membiarkan harga naik terlalu tinggi itu benar-benar mengambil bagian besar dari pembeli potensial," ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini