Sukses

Mandiri Investasi Luncurkan Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 Hari Ini 6 Maret 2023

Mandiri Manajemen Investasi meluncurkan reksa dana Mandiri ETF LQ45 pada Senin, 6 Maret 2023. Pihaknya memilih indeks LQ45 karena memiliki sebagian besar saham blue chip.

Liputan6.com, Jakarta - PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) meluncurkan Reksa Dana Mandiri ETF LQ45, yaitu reksa yang berinvestasi pada saham-saham blue chip yang masuk di dalam Indeks LQ45 pada hari ini, Senin (6/3/2023).

Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 diharapkan memberikan imbal hasil yang optimal secara jangka panjang kepada para investor.

Sementara itu, Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 memiliki dua ciri khas. Pertama adalah struktur Exchange Traded Fund, yaitu reksa dana yang unit penyertaannya diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga investor dapat bertransaksi layaknya saham biasa melalui perusahaan sekuritas. 

Kedua, Mandiri ETF LQ45 dikelola untuk mengikuti imbal hasil indeks LQ45 yang isinya merupakan 45 saham blue chip yang memiliki likuiditas dan fundamental yang baik dan merefleksikan mayoritas dari pasar saham Indonesia.

Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan produk Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 dibanding reksa dana lain. Keunggulan utamanya adalah produk ini berinvestasi di pasar penggerak perekonomian Indonesia, di mana Indeks LQ45 merepresentasikan 45 perusahaan terbesar dan paling likuid di Indonesia yang menjadi proxy pertumbuhan ekonomi. 

Dengan total kapitalisasi pasar sekitar 56,68 persen dari IHSG, saham-saham Indeks LQ45 dapat dijadikan sarana yang efisien bagi investor untuk memiliki exposure pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Utama Mandiri Investasi, Aliyahdin Saugi menuturkan, pihaknya memilih indeks LQ45 karena indeks ini memiliki underlying sebagian besar saham blue chip.

"Kami memilih indeks LQ45 karena indeks ini memiliki underlying sebagian besar saham blue chip dan saham yang memiliki likuiditas yang cukup baik dan memiliki korelasi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Aliyahdin dalam konferensi pers, Senin (6/3/2023).

Selain itu, LQ45 mencakup hampir 60 persen kapitalisasi pasar dari IHSG sehingga dapat menjadi perwakilan atas perkembangan saham Indonesia secara umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Reksa Dana Mandiri ETF

Keunggulan lainnya adalah investasi yang transparan dengan biaya yang kompetitif. Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 memiliki biaya pengelolaan yang kompetitif serta keterbukaan informasi yang transparan.

Indeks LQ45 umumnya melakukan empat kali review dan rebalancing setiap tahunnya, di antaranya adalah dua major review pada Januari dan Juli, kemudian dua minor review pada April dan Oktober yang hanya akan dilakukan apabila terdapat situasi yang signifikan. 

Secara historis, pada periode Januari 2012 hingga Januari 2023, kinerja dari LQ45 memiliki korelasi yang positif terhadap Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). Dengan demikian, saham- saham yang ada pada indeks LQ45 dapat dijadikan proxy untuk perekonomian Indonesia.

Dengan kelebihan yang dimiliki Reksa Dana LQ45 yaitu liquid dan fleksibel serta investasi yang transparan dengan biaya yang kompetitif, membuat Adi optimis bahwa produk investasi terbaru ini akan mendapat sambutan positif dari investor domestik dan asing.

Dengan peluncuran produk reksa dana tersebut anda dapat dengan mudah melakukan transaksi Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 melalui Perusahaan Sekuritas dengan dua metode pembelian, yaitu dengan melakukan pembelian melalui pasar primer dan atau pasar sekunder. 

 

3 dari 3 halaman

Optimistis Capai Target

Pasar primer adalah pasar di mana efek-efek diperdagangkan untuk pertama kalinya sebelum dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Pada pasar primer, yang bertindak sebagai perantara perdagangan efek adalah Mandiri Sekuritas sebagai dealer partisipan yang bekerja sama dengan Mandiri Investasi dalam melakukan transaksi penjualan maupun pembelian unit penyertaan. 

Transaksi jual-beli di pasar primer dapat dilakukan dengan minimal pembelian 1 basket (1.000 lot atau 100.000 unit penyertaan). Pasar sekunder adalah pasar dimana efek-efek yang telah dicatatkan di Bursa Efek diperjualbelikan. 

Pada pasar ini, yang berperan sebagai perantara perdagangan efek adalah perusahaan sekuritas. Investor dapat membeli dan menjual Unit Penyertaan Mandiri ETF LQ45 melalui perusahaan sekuritas. 

Transaksi jual-beli di pasar sekunder dapat dilakukan dengan minimal pembelian yang lebih rendah, yaitu 1 lot atau 100 unit penyertaan. Harga transaksi tersebut ditentukan oleh perusahaan sekuritas secara real-time mengikuti harga pasar pada saat transaksi dilakukan.

"Kami optimis, dengan tingginya aliran dana investasi asing dan domestik ke pasar modal Indonesia, Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 ini dapat mencapai target dalam satu tahun pertama," kata pria yang akrab disapa Adi.

Selain itu, informasi mengenai indeks LQ45 dan Reksa Dana Mandiri ETF LQ45 dapat diakses publik melalui website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.