Sukses

Warren Buffett Jawab Kritikus Buyback Saham Melalui Surat Tahunan Berkshire Hathaway

Warren Buffett menilai, jika seseorang diberitahu buyback atau pembelian kembali saham berbahaya bagi pemegang saham dan negara, atau bermanfaat bagi CEO, Anda dengarkan baik seorang buta huruf ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder dan investor Warren Buffett membela aksi pembelian kembali saham (buyback). Ia menyampaikan hal itu dalam surat tahunan di perusahaan investasi miliknya Berkshire Hathaway.

Dikutip dari CNBC, Minggu (26/2/2023), Warren Buffett menolak kritik terhadap praktik yang ia yakini bermanfaat bagi semua pemegang saham.

"Ketika Anda diberi tahu semua pembelian kembali berbahaya pemegang saham atau negara, atau sangat bermanfaat bagi CEO, Anda mendengarkan baik seorang yang buta huruf ekonomi,” ujar Warren Buffett.

Warren Buffett memprakarsai program pembelian kembali saham pada 2011 dan mengandalkan buyback dalam beberapa tahun terakhir selama lingkungan kesepakatan yang kompetitif. Konglomerat tersebut habiskan USD 27 miliar atau sekitar Rp 410,53 triliun (asumsi kurs Rp 15.205 per dolar AS) sepanjang 2021 karena Buffett menemukan sedikit peluang secara eksternal.

Aktivitas buyback saham melambat pada 2023 menjadi sekitar USD 8 miliar karena Warren Buffett melakukan pembelian besar-besaran dan juga menjual saham. Berkshire juga mengambil alih perusahaan asuransi Alleghany senilai USD 11,6 miliar atau sekitar Rp 176,37 triliun, kesepakatan terbesar Buffett sejak 2016.

Pembelian kembali atau buyback saham telah menuai kritik dari politikus yang percaya perusahaan Amerika Serikat seharusnya memakai kas dengan cara lain untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang seperti tunjangan karyawan dan belanja modal.

Mengutip CNBC, banyak yang mengatakan, pembelian kembali saham sering memberikan dorongan tambahan untuk pertumbuhan laba per saham dan ketika perusahaan berhenti melakukan, mencapai tujuan itu menjadi lebih menantang. Buffett yakin buyback saham bermanfaat bagi pemegang saham karena memberikan peningkatan nilai intrinsic per saham.

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warren Buffett Soroti Apple dan American Express

"Matematikanya tidak rumit: Ketika jumlah saham turun, minat Anda pada bisnis kami naik. Sedikit membantu jika pembelian kembali dilakukan dengan harga yang meningkatkan nilai, harus ditekankan, menguntungkan semua pemilik-dalam segala hal,” tutur dia.

Investor legendaris ini menyoroti Apple dan American Express, dua dari kepemilikan sahamnya yang memiliki strategi serupa. Warren Buffett pernah menuturkan, dirinya penggemar program buyback saham CEO Apple Tim Cook.  Hal itu memberi kenaikan kepemilikan setiap dolar AS dari laba tanpa investor harus mengangkat satu jari pun.

"Di Berkshire, kami secara langsung meningkatkan minat pada kumpulan bisnis unik kami dengan membeli kembali 1,2 persen saham perusahaan yang beredar,” ujar Buffett.

Berdasarkan aturan di Amerika Serikat ada penerapan pajak 1 persen atas pembelian kembali yang mulai berlaku 2023. Surat pemegang saham Buffett yang dibaca secara luas dirilis dengan laporan tahunan Berkshire dan biasanya menetapkan nada sebelum pertemuan tahunan besaran konglomerat pada Mei di Omaha, Nebraska.

Surat itu menyentuh beberapa tema lain termasuk pujian untuk mitra lamanya, Charlie Munger (99) serta bagaimana Berkshire dengan senang hati membayar pajak dalam jumlah besar karena manfaat yang diterimanya selama bertahun-tahun dari “penarikan Amerika”

 

3 dari 3 halaman

Berkshire Hathaway Bakal Simpan Kas Jumbo

"Saya telah investasi selama 80 tahun, lebih dari sepertiga umur negara kita,” kata Buffett.

"Saya belum melihat saat yang masuk akal untuk membuat taruhan jangka panjang melawan Amerika. Dan saya sangat ragu pembaca surat ini akan memiliki pengalaman yang berbeda pada masa depan,” ujar dia.

Investor yang sangat dikagumi itu menuturkan, Berskhire akan selalu menyimpan banyak uang tunai dan surat utang Amerika Serikat bersama dengan beragam bisnis untuk masa depan. Kas yang dipegang mencapai hampir USD 130 miliar pada akhir 2022.

Buffett juga mengungkapkan CEO Berkshire pada masa depan akan memiliki bagian signifikan dari kepemilikan saham yang dibeli dengan uang mereka sendiri. Greg Abel kemungkinan penerus Buffett dan Vice Chairman bisnis non asuransi Berkhire habiskan lebih dari USD 68 juta untuk saham Berkshire pada 2022. “Di Berkshire, tidak akan ada garis finis,” ujar Buffett.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.