Sukses

Fakta-Fakta Skandal Gautam Adani, Posisi Orang Terkaya Dunia Turun hingga Picu Gejolak Politik

Miliarder India Gautam Adani kini menjadi sorotan. Hal ini setelah tudingan Hindenburg Research terkait dugaan manipulasi pasar dan akuntansi.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari dua minggu lalu, Gautam Adani tercatat sebagai orang terkaya keempat di dunia. Total kekayaan Gautam Adani saat itu diperkirakan mencapai USD 120 miliar, melebihi Bill Gates atau Warren Buffet.

Namun, semuanya runtuh seketika saat Hindenburg Research mengumumkan temuan mereka atas dugaan manipulasi pasar yang dilakukan perusahaan Gautam Adani, Adani Group.

Perusahaan Adani telah kehilangan nilai USD 110 miliar sejak saat itu, dan kekayaannya sendiri telah berkurang setengahnya menjadi sekitar USD 61,9 miliar, dan tercatat di peringkat 17 sebagai orang terkaya di dunia menurut data real rimes billionaires Forbes.

Sementara itu, Adani Group menyebut laporan Hindenburg sebagai informasi yang tidak benar. CFO Adani Group Jugeshinder menilai laporan itu berbahaya karena disebut tidak memiliki dasar akurat. Jugeshinder menyinggung langkah Hindenburg yang tidak beritikad untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum menerbitkan laporan.

Lebih lanjut, berikut fakta lain skandal Adani yang mungkin belum Anda ketahui dikutip dari berbagai sumber, Senin (6/2/2023):

Siapakah Gautam Adani?

Gautam Adani adalah taipan berusia 60 tahun yang mendirikan Grup Adani lebih dari 30 tahun lalu. Putus sekolah, dia membangun kerajaan bisnis yang luas yang mencakup infrastruktur, logistik, produksi energi, dan pertambangan.

Kesuksesan itu membuatnya disejajarkan dengan John D Rockefeller dan Cornelius Vanderbilt, yang menciptakan monopoli besar-besaran selama America's Gilded Age pada 1800-an. Dia adalah orang terkaya di Asia, dan pada September lalu sempat melampaui Jeff Bezos untuk menjadi orang terkaya kedua di dunia. Dia juga dipandang sebagai sekutu dekat perdana menteri India, Narendra Modi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skandal Manipulasi Pasar

Hindenburg Research mengejutkan para investor pada akhir Januari ketika menerbitkan sebuah laporan yang menuduh Adani dan perusahaannya melakukan penipuan dan manipulasi pasar yang diduga terjadi selama beberapa dekade.

Hindenburg mengajukan 88 pertanyaan kepada Adani yang meragukan kesehatan keuangan konglomeratnya. Itu berkisar dari permintaan untuk perincian tentang entitas lepas pantai grup hingga mengapa ia memiliki struktur perusahaan yang saling berbelit-belit dan saling terkait. Grup Adani mengatakan sedang mempertimbangkan tindakan hukum untuk menjawab klaim tersebut.

Respons Investor

Investor yang khawatir dengan pemberitaan tersebut akhirnya menyerah, dan tidak ingin terjebak di sisi perdagangan yang salah. Saham Adani Enterprises, perusahaan andalan Adani yang tercatat di Bursa anjlok hampir 55 persen sejak laporan Hindenburg diterbitkan pada 24 Januari.

Perusahaan sekarang berjuang untuk mendapatkan pendanaan baru. Pada Rabu pekan lalu, Adani Enterprises tiba-tiba membatalkan kesepakatan penjualan saham senilai USD 2,5 miliar.

Melansir CNN, Senin (6/1/2023), saham sebagian besar perusahaan Grup Adani kembali merosot pada perdagangan Jumat pekan lalu. Bursa saham India menghentikan perdagangan di lima perusahaan Adani yang terdaftar setelah saham mereka jatuh pada batas harian yang ditetapkan pada 5 persen dan 10 persen.

3 dari 4 halaman

Investor Asing

Sementara itu, TotalEnergies, mitra bisnis utama perusahaan mengadakan Adani telah setuju untuk membiarkan salah satu dari empat besar kantor akuntan melakukan audit umum. Sayangnya, tidak ada konfirmasi dari Adani.

Raksasa energi Prancis itu menggambarkan eksposurnya ke Adani senilai USD 3,1 miliar, melalui investasi bersama di India. Dikatakan juga bahwa kemitraan itu dilakukan dengan kepatuhan penuh terhadap hukum yang berlaku, yaitu India.

Penjualan Besar-besaran dan Kondisi Fundamental Perusahaan

Gelombang penjualan menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana bisnis Adani akan terus menutupi biaya mereka. Beban utang yang besar dari perusahaan Adani merupakan salah satu kekhawatiran yang diangkat oleh Hindenburg. Lembaga pemeringkat Moody's mengatakan bahwa gejolak itu kemungkinan akan mengurangi kemampuan grup untuk meningkatkan modal.

Dalam sebuah pernyataan Rabu malam, Adani menekankan bisnisnya tetap kokoh, dan para eksekutif akan meninjau kembali strategi pasar modalnya setelah pasar stabil.

Konsekuensi dari aksi jual tersebut mungkin tidak dapat ditanggung oleh Adani. Bank India yang memegang aset Grup Adani juga dapat terpengaruh jika nilai kepemilikan tersebut terus turun. Bank sentral India mengatakan bahwa sektor perbankan tetap tangguh dan stabil berdasarkan penilaian terbaru dan berjanji untuk terus memantau situasi.

Dalam pernyataan pertamanya tentang gejolak pasar baru-baru ini, Securities and Exchange Board of India (SEBI) mengatakan bahwa mereka telah memantau pergerakan harga yang tidak biasa di saham konglomerat bisnis.

 

4 dari 4 halaman

Memancing Gejolak Politik

Pada saat yang sama, cobaan itu menjadi sumber gejolak politik yang berkembang di New Delhi. Anggota parlemen oposisi di India menuntut penyelidikan atas laporan Hindenburg. Mereka melakukan protes di parlemen sementara menteri keuangan negara itu mempresentasikan anggaran tahunan.

Pertanyaan tentang kesehatan kerajaan Adani mengaburkan prospek India Inc., yang baru beberapa minggu lalu dipaparkan dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss menggembar-gemborkan peluang bagi investor asing. Bank Dunia memproyeksikan bulan lalu bahwa India akan mencatat pertumbuhan ekonomi terkuat dari ekonomi besar mana pun tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.