Sukses

Penjelasan GOTO Terkait Ada Saham Ditawar Rp 2 di Pasar Nego

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali ditutup auto rejection bawah (ARB) pada perdagangan Jumat, 2 Desember 2022. Harga saham GOTO ditutup ke level terendah.

Mengutip data RTI, Sabtu, (3/12/2022), saham GOTO merosot 6,38 persen ke posisi Rp 138 per saham pada Jumat, 2 Desember 2022. Saham GOTO dibuka turun 9 poin ke posisi Rp 132 per saham. Saham GOTO berada di level tertinggi dan terendah Rp 132 per saham. Total frekuensi perdagangan 18.640 kali dengan volume perdagangan 324.817.184 saham. Nilai transaksi Rp 3,3 triliun.

Jelang akhir pekan, saham GOTO menyita perhatian lantaran transaksi pasar negosiasi (pasar nego), saham GOTO ada yang menawar Rp 2 dengan volume 54,41 juta saham dan total frekuensi perdagangan 6.648 kali. Nilai transaksi Rp 10,8 miliar.

Meski demikian, transaksi saham di pasar negosiasi tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan dari program opsi saham karyawan dan konsultan (share option program) seperti employee stock ownership program (ESOP).

Sekretaris Perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Koesoemohadiani menuturkan, sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, berdasarkan POJK 22/POJK.04/2021, periode lock-up bagi para pemegang saham pra-IPO perusahaan selama delapan bulan berakhir pada 30 November 2022, sehingga terhitung 1 Desember 2022, seluruh saham yang dibatasi tersebut dapat diperdagangkan secara bebas di Bursa Efek Indonesia.

Ia menambahkan, dengan berakhirnya periode lock-up tersebut, Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan (Shares Option Program) yang dikelola oleh Goto Peopleverse Fund (GPF) juga dapat mulai dilaksanakan sebagaimana telah dijabarkan di dalam Prospektus Perseroan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Program Opsi Saham Karyawan

“Sehubungan dengan Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan (Shares Option Program), dapat kami sampaikan bahwa transaksi saham di pasar negosiasi yang dimaksud merupakan bagian dari pelaksanaan dari Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan (Shares Option Program),” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Ia mengatakan, sesuai dengan yang telah disampaikan pada Prospektus, para partisipan yang menerima opsi saham ini dapat melaksanakan opsi saham yang dimilikinya.

Meskipun opsi saham ini diberikan secara cuma-cuma kepada setiap partisipan sebagai bonus dan/atau imbalan atas masa bakti atau jasa yang diberikan oleh partisipan, tapi setiap partisipan harus membayar penuh harga pelaksanaan opsi saham kepada GPF, untuk dapat memperoleh saham GoTo, dengan cara GPF mengalihkan saham GoTo yang dimilikinya melalui pasar negosiasi para partisipan yang melaksanakan hak opsi sahamnya.

 “Sesuai informasi yang tertera di prospektus, harga pelaksanaan opsi saham berkisar antara Rp2 sampai dengan Rp202 per saham, bergantung pada perjanjian opsi saham antara GPF dan masing-masing karyawan,” kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Komitmen GOTO

Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan (Shares Option Program)  tersebut merupakan salah satu wujud apresiasi dan kompensasi jangka panjang yang diberikan Perusahaan atas masa bakti serta kontribusi mereka dalam mendorong pertumbuhan GoTo dalam melayani kebutuhan jutaan konsumen serta mitra di dalam ekosistem kami.

Koesoemohadiani menuturkan, GoTo terus berkomitmen dan fokus untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemegang saham.

“Kami memenuhi komitmen tersebut dengan mendorong pertumbuhan bisnis berbasis produk secara berkelanjutan, mempercepat langkah kami mencapai profitabilitas, serta terus menyediakan produk dan layanan yang andal bagi konsumen dan memberi nilai bagi ekosistem kami,” tutur dia.

Ia menambahkan, upaya perseroan tercermin dari hasil kinerja kuat di kuartal ketiga 2022, antara lain total nilai transaksi (GTV) yang tumbuh 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan pendapatan bruto kuartal ketiga yang mencatatkan peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman kinerja perusahaan.

4 dari 4 halaman

Penutupan IHSG pada 2 Desember 2022

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona merah hingga penutupan perdagangan saham Jumat, (2/12/2022). Sektor saham industri dan teknologi menekan laju IHSG.

Mengutip data RTI, IHSG ditutup turun tipis 0,02 persen ke posisi 7.019,63. Indeks LQ45 terpangkas 0,64 persen ke posisi 989,59. Sebagian besar indeks acuan tertekan. Pada Jumat pekan ini, koreksi IHSG menjadi terbatas. IHSG bergerak di posisi tertinggi 7.021,81 dan terendah 6.967,95. Sebanyak 330 saham melemah dan 213 saham menguat. 169 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan 1.081.310 kali dengan volume perdagangan saham 49,2 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 15,7 triliun. Posisi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.441.

Mayoritas indeks sektor saham tertekan yang dipimpin sektor saham industri. Sektor saham industr merosot 1,76 persen, diikuti sektor saham teknologi terpangkas 1,24 persen. Diikuti sektor saham keuangan susut 0,46 persen, sektor saham transportasi melemah 0,18 persen, sektor saham basic turun 0,16 persen dan sektor saham properti melemah 0,04 persen.

Sementara itu, sektor saham energi menguat 1,51 persen, dan pimpin penguatan. Diikuti sektor saham infrastruktur bertambah 0,16 persen, sektor saham siklikal naik 0,11 persen, sektor saham nonsiklikal mendaki 0,09 persen dan sektor saham kesehatan bertambah 0,03 persen. Jelang akhir pekan ini, saham GOTO tertekan lagi dan kembali auto rejection bawah (ARB). Saham GOTO turun 6,38 persen ke posisi Rp 132 per saham. 

"Kami mencermati IDX Techno masih menjadi sektor pemberat laju IHSG dan dipimpin oleh GOTO yang masih ARB. Namun, IDX Energy diakhir sesi menjadi pendorong laju indeks sehingga pelemahan IHSG menjadi tipis,” ujar Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana saat dihubungi Liputan6.com.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS