Sukses

Menakar Prospek Saham yang Tersengat Gelaran Piala Dunia 2022

Investment Analyst dari Infovesta Capital Advisory, Fajar Dwi Alfia mengatakan gelaran Piala Dunia tak banyak imbasnya untuk pasar saham domestik.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Piala Dunia 2022 remi dimulai pada Minggu, 20 November 2022. Sedikit berbeda dari perhelatan sebelumnya, Piala Dunia 2022 ini tampak euforia tidak seperti gelaran sebelumnya.

Secara historis, Investment Analyst dari Infovesta Capital Advisory, Fajar Dwi Alfia mengatakan gelaran Piala Dunia tak banyak imbasnya untuk pasar saham domestik. Namun, bukan berarti tak ada sama sekali.

"Event piala dunia tidak terlalu berdampak terhadap pasar saham domestik. Namun demikian, cukup berdampak terhadap pasar saham global, dimana indeks saham dan nilai transaksinya mengalami penurunan. Untuk domestik, secara historis justru mengalami kenaikan indeks saham,” kata Fajar kepada Liputan6.com, Senin, 21 November 2022.

Menurut dia, saham-saham yang diuntungkan dari gelaran ini adalah yang terkait sektor konsumer serta pemegang hak siar Piala Dunia.

Secara terpisah, Pengamat pasar modal yang juga founder Traderindo.com Wahyu Laksono menambahkan sejumlah sektor yang ketiban berkah dari Piala Dunia 2022. Di antaranya sektor hospitality seperti perhotelan, resto dan cafe, dan konsumen khususnya terkait Jersey, meski untuk jangka waktu pendek. Selaku pemegang hak siar, Wahyu mengatakan saham EMTK dan SCMA juga menarik untuk dicermati. Namun, perlu dilihat bagaimana kontribusi Vidio sebagai partner resmi untuk penyiaran Piala Dunia 2022 terhadap laba SCMA.

"Jelas beban di awal ini menyangkut biaya hak siar (broadcasting rights fee) yang cukup tinggi. Walaupun sebagai pemegang hak siar akan sangat kuat dampaknya terhadap rating di musim siar piala dunia ini,” ujar Wahyu.

Sementara untuk sektor konsumer, Wahyu jagokan saham MYOR, INDF, dan ICBP. Catatan saja, saham-saham tersebut menarik setidaknya untuk jangka pendek selama gelaran Piala Dunia 2022. Sementara untuk jangka panjang tetap harus memperhatikan fundamental dan faktor lainnya.

“Ini untuk Piala Dunia, ya. Untuk sementaraatau short term. Untuk jangka panjang butuh variabel lainnya selain piala dunia,” kata dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nike Kalahkan Adidas

Sebelumnya, saat Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai akhir pekan ini, 13 dari 32 negara peserta yang akan memakai kaus yang disediakan oleh Nike paling banyak dari sponsor pakaian olahraga mana pun.

Pada 2022, Adidas hanya menjadi sponsor tujuh negara di Piala Dunia Qatar. Ini ketiga kalinya Nike ungguli Adidas, dan selisih terbesar yang pernah dipegang Nike atas rival olahraganya.

Sponsor Piala Dunia Qatar

Negara-negara yang ikut turnamen olahraga ini dengan kesepakatan oleh Nike termasuk negara tuan rumah, Amerika Serikat, Brasil, Inggris dan Prancis. Popularitas Nike dengan mengorbankan Adidas yang pada puncak dominasinya melengkapi hampir dua pertiga tim di Piala Dunia 1990 di Italia.

Kesepakatan lisensi kit sangat penting bagi perusahaan pakaian olahraga sebagai upaya mengambil bagian dari pasar merchandise olahraga berlisensi global senilai USD 30 miliar atau sekitar Rp 470,41 triliun (asumsi kurs Rp 15.680 per dolar AS).

Selama beberapa dekade, Adidas telah menjadi nama utama pada perlengkapan piala dunia. Perseroan sponsori sembilan dari 16 tim di Piala Dunia FIFA 1974 di Jerman dan melanjutkan dominasinya hingga kini.

Nike, yang relatif terlambat sponsori perlengkapan sepakbola pertama kali memasuji ajang piala dunia pada 1998 ketika sponsori lima tim yang berkompetisi di Prancis. Nike pun terus dongkrak pangsa pasarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Adidas

Seorang juru bicara Adidas menyebutkan perseroan diuntungkan dari prestise tim yang bermain dengan kaus bermotif tiga garis tersebut.

“Ini bukan hanya tentang kuantitas tetapi juga kualitas,” ujar Juru Bicara Adidas, Stefan Purshe, jelang Piala Dunia Qatar, dikutip dari Arabian Business, Minggu (20/11/2022).

Adidas melengkapi empat tim di antara favorit teratas untuk gelar antara lain Argentina, Spanyol, Belgia dan Jerman. Berdasarkan peringkat yang dibuat FIFA, enam dari tujuh negara yang bermain dengan jersey Adidas berada di antara 20 tim teratas dunia.

Nike juga mensponsori tim perangkat teratas, tujuh negara yang diperlengkapi di Piala Dunia Qatar termasuk di antara 20 besar, tetapi juga terikat dengan tim peringkat lainnya antara lain Qatar dan Arab Saudi.

Namun, Nike memiliki satu keuntungan besar, Brasil yang telah menenangkan gelar terbanyak dan disukai oleh pakar untuk menang lagi pada 2022.

Enam tim akan mengenakan kit dari Puma, Hummel, Kappa, Maji, Marathon, New Balance, dan One All Sports masing-masing memiliki satu tim di kaus mereka.

Piala Dunia Qatar berada di jalur tepat untuk menjadi turname FIFA yang paling menguntungkan sepanjang masa. Hal ini karena berada di jalur tepat untuk memecahkan rekor USD 5,4 miliar atau sekitar Rp 84,67 triliun dari turnamen 2018 di Rusia.

 

4 dari 4 halaman

Tema Upacara Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Sebelumnya diberitakan, Piala Dunia Qatar 2022 akan resmi dibuka pada Minggu (20/11) malam WIB. Upacara pembukaan pesta sepak bola akbar empat tahunan itu akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar.

Mata pecinta sepak bola di seluruh dunia akan menuju ke Qatar. Karena, ini pertama kalinya Piala Dunia digelar di Timur Tengah dan dunia Arab.

Upacara pembukaan berlangsung selama 30 penuh dan bakal penuh kejutan. Aksi utama acara ini adalah bintang pop Korea Selatan Jungkook BTS yang akan menyanyikan lagu resmi Piala Dunia 2022 Dreamer dan penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi.

Seperti dilansir laman resmi FIFA, tema upacara pembukaan Piala Dunia ialah kebersamaan untuk seluruh umat manusia, menjembatani perbedaan melalui kemanusiaan, rasa hormat dan inklusi. Sepak bola memungkinkan umat manusia untuk bersatu sebagai satu suku dan bumi adalah tenda tempat semua hidup.

Program tujuh babak akan dipimpin oleh talenta kelas dunia yang menjalin tradisi Qatar dengan budaya dunia. Agenda ini akan menyertakan penghargaan kepada 32 tim yang bersaing, tuan rumah Piala Dunia sebelumnya, dan sukarelawan acara.

Bersama ratusan penampil, Duta Piala Dunia FIFA Ghanim Al Muftah dan penyanyi Qatar Dana akan mendorong dialog tentang inklusi dan keberagaman.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar dapat disaksikan langsung di SCTV muilai pukul 21:45 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.