Sukses

Global Sukses Solusi Buyback Saham Mulai 6 Oktober 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham perseroan yang telah dikeluarkan. Aksi ini dilakukan dalam kondisi pasar yang berfluktuasi.

Direktur PT Global Sukses Solusi Tbk, Nizar mengungkapkan, perseroan akan melakukan pembelian kembali saham dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp 786,85 juta. Dana yang digunakan dalam aksi buyback ini berasal dari kas internal perseroan.

“Perseroan meyakini bahwa pembelian kembali saham tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan Perseroan, karena sampai dengan saat ini Perseroan mempunyai modal kerja yang memadai untuk membiayai kegiatan usaha perseroan,” kata Nizar dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (5/10/2022).

Perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai treasury stock dengan jangka waktu tidak lebih dari tiga. tahun sejak berakhirnya pembelian kembali saham.

Pembelian kembali saham perseroan akan dilakukan pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh Perseroan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Aksi ini akan dilaksanakan dalam periode tiga bulan. Terhitung mulai Kamis, 6 Oktober 2022 sampai dengan 5 Januari 2023.

Dengan asumsi penggunaan kas internal untuk pembelian kembali saham perseroan sebanyak- banyaknya sebesar Rp 786,85 juta, maka aset dan ekuitas akan menurun sebesar angka tersebut. ditambah biaya transaksi pembelian kembali saham.

Perseroan berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham ini tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perseroan. Mengingat perseroan memiliki modal dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan.

“Pembelian kembali saham diharapkan dapat menstabilkan harga saham Perseroan dalam kondisi pasar yang fluktuatif, selain memberikan keyakinan kepada investor atas nilai saham Perseroan secara fundamental,” kata Nizar.

Di sisi lain, pembelian kembali saham juga memberikan fleksibilitas bagi perseroan dalam mengelola modal jangka panjang Perseroan di mana saham treasury dapat dijual pada masa yang akan datang dengan nilai yang optimal jika perseroan memerlukan penambahan modal.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Perluas Pasar ERP, Global Sukses Solusi Gandeng Jababeka Infrastruktur

Sebelumnya, perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) melakukan kontrak kerja sama dengan PT Jababeka Infrastruktur sebagai mitra distribusi.

Hal tersebut disampaikan perseroan melalui keterbukaan informasinya kepada regulator, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), 13 Oktober 2021.Perseroan tidak merinci dengan jelas kontrak kerja sama seperti apa yang akan dilakukannya dengan PT Jababeka Infrastruktur.

Perseroan menegaskan, kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan ekspansi perusahaan RUN System yang lebih menjangkau banyak pihak. Sehingga pasar industri ERP bisa semakin meluas.

Sistem ERP (Enterprise Resources Planning) adalah paket sistem dan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain.

"Kerja sama ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan dan optimalisasi untuk proses bisnis pengguna RUN System dengan sistem terintegrasi," kata Direktur Global Sukses Solusi Nizar.

 

3 dari 4 halaman

Penutupan IHSG 5 Oktober 2022

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan Rabu, 5 Oktober 2022. Akan tetapi, penguatan IHSG menjadi terbatas dan sektor saham transportasi masih pimpin penguatan.

Mengutip data RTI, IHSG naik terbatas 0,04 persen ke posisi 7.075,38. Indeks LQ45 turun 0,30 persen ke posisi 1.011,63. Sebagian besar indeks acuan beragam. Pada Rabu pekan ini, IHSG berada di level tertinggi 7.131,88 dan terendah 7.075,38. Sebanyak 301 saham menguat sehingga angkat IHSG.

Namun, 223 saham melemah dan 173 saham diam di tempat.Total frekuensi perdagangan 1.328.767 kali dengan volume perdagangan 25,7 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 12,2 triliun. Posisi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.109.

Mayoritas sektor saham menghijau. Indeks sektor saham IDXtransportasi memimpin penguatan dengan naik 2,79 persen. Diikuti indeks sektor saham IDXtechno naik 1,83 persen, indeks sektor saham IDXsiklikal bertambah 1,47 persen, indeks sektor saham IDXenergy menanjak 0,74 persen, indeks sektor saham IDXhealth menguat 0,69 persen.

Selain itu, indeks sektor saham IDXbasic bertambah 0,43 persen, indeks sektor saham IDXproperty menanjak 0,24 persen, indeks sektor saham IDXfinance mendaki 0,07 persen. Sementara itu, indeks sektor saham IDXinfrastruktur melemah 0,19 persen, indeks sektor saham IDXindustry susut 0,18 persen, dan indeks sektor saham IDXnonsiklikal tergelincir 0,06 persen.

4 dari 4 halaman

Bursa Saham Asia pada 5 Oktober 2022

Bursa saham Asia Pasifik menguat pada perdagangan Rabu,5 Oktober 2022 setelah bursa saham Amerika Serikat atau wall street menguat pada hari kedua.

Indeks Hong Kong Hang Seng menanjak 5,9 persen ke posisi 18.087,97. Indeks Hang Seng teknologi melambung 7,54 persen. Indeks Nikkei 225 bertambah 0,48 persen ke posisi 27.120,53. Indeks Topix mendaki 0,32 persen ke posisi 1.912,92.

Di Korea Selatan, indeks Kospi menanjak 0,26 persen ke posisi 2.215,22. Indeks Kosdaq melemah 1,64 persen ke posisi 685,34. Inflasi di Korea Selatan cenderung melemah pada September 2022.

Indeks ASX 200 mendaki 1,74 persen ke posisi 6.815,70. Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang bertambah 2,55 persen. Sementara itu, bursa saham China masih libur Golden Week. Demikian juga bursa saham India yang masih libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.