Sukses

Saham Manchester United Sempat Naik 17 Persen Usai Elon Musk Bercanda Beli

Liputan6.com, Jakarta - Saham klub sepak bola Inggris Manchester United sempat naik sebanyak 17 persen dalam perdagangan premarket Rabu, 17 Agustus 2022, usai CEO Tesla Elon Musk dengan bercanda membuat tweet  akan membeli klub tersebut.

"Juga, saya membeli Manchester United, selamat datang,” tulis miliarder itu di Twitter

Beberapa jam kemudian, Musk menanggapi seorang pengguna Twitter yang menanyakan apakah dia serius membeli klub dan mengklarifikasi bahwa itu adalah lelucon.

"Tidak, ini adalah lelucon lama di Twitter. Saya tidak membeli tim olahraga apa pun," tweetnya.

Pada penutupan perdagangan Rabu, 17 Agustus 2022 waktu setempat, saham Manchester United Plc naik 6,88 persen ke posisi USD 13,67. Saham Manchester United sempat berada di level tertinggi USD 13,75 dan terendah USD 12,85. Kapitalisasi pasar saham Manchester United tercatat USD 2,23 miliar.

Sebelumnya, Elon Musk membuat tweet seperti ini, "Meskipun, jika itu tim mana pun, itu akan menjadi Man U. Mereka adalah tim favorit saya saat kecil,”.

Saham Manchester United, yang diperdagangkan dengan singkatan MANU di New York Stock Exchange, naik 3,68 persen dalam perdagangan premarket pada pukul 4:30 pagi ET, memangkas kenaikan yang awalnya melonjak 17 persen  setelah tweet tersebut.

Berdasarkan penilaian pasar saham terbaru klub, membeli Manchester United akan menelan biaya Musk sekitar USD 2 miliar atau Rp 29,62 triliun. Manchester United menolak berkomentar tentang masalah ini ketika dihubungi oleh CNBC.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Elon Musk Bikin Heboh

Tweet asli Musk memicu reaksi luas dan telah mendapatkan lebih dari 573.000 suka dan telah di-retweet lebih dari 140.000 kali pada saat penulisan. Fans Manchester United bereaksi terkejut, tetapi penuh harapan, karena banyak yang mengkritik pemilik klub saat ini, keluarga American Glazer.

Ini terkait dengan awal yang lambat klub untuk musim Liga Premier Inggris saat ini, mencatat dua kekalahan dalam dua pertandingan, dan klub menjadi bagian dari upaya gagal untuk mendirikan Liga Super Eropa tahun lalu.

Bahkan sebelum Musk mengklarifikasi tawarannya untuk membeli Manchester United adalah lelucon, beberapa penggemar tetap skeptis karena miliarder itu memiliki sejarah membuat lelucon serupa secara online.

Pada April 2022, dia membuat tweet dia akan membeli Coca-Cola untuk memasukkan kembali kokain, tweet yang dia rujuk kembali pada Rabu setelah mengklarifikasi bahwa dia tidak akan membeli Manchester United.

"Dan saya tidak membeli Coca-Cola untuk mengembalikan kokain, terlepas dari popularitas ekstrem dari langkah semacam itu," tulis Musk.

Tweet asli tentang pembelian Coca-Cola datang hanya beberapa hari setelah dewan Twitter menerima tawaran Musk untuk membeli perusahaan media sosial itu seharga USD 44 miliar atau Rp 651 triliun.

Musk telah kembali pada kesepakatan ini hanya empat bulan setelah menyetujuinya. Twitter membawa miliarder itu ke pengadilan atas perselisihan tersebut.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Elon Musk Mau Bangun Kota di Mars dalam 20 Tahun ke Depan

Sebelumnya, sudah jadi rahasia umum kalau Elon Musk adalah orang yang ambisius. Elon Musk memiliki banyak mimpi untuk menjadikan dunia lebih baik. Salah satunya adalah ambisi membangun koloni di Mars.

Mengingat saat ini tujuan SpaceX adalah membuat perjalanan manusia ke luar angkasa jadi lebih murah, bukan tidak mungkin kalau Elon Musk bakal mewujudkan impiannya.

Pria yang batal mengakusisi Twitter tersebut, belum lama ini berbagi pemikirannya tentang proyek ini. Sebelumnya bercerita tentang rencana Elon Musk, belum lama Tesla Owners Silicon Valley membagikan status di Twitter.

Akun tersebut membagikan foto tentang progress SpaceX dalam 20 tahunnya. Para responden pun membagikan apa yang ingin mereka capai di masa depan.

Mengutip Gizchina, Rabu (17/8/2022), dalam unggahan tersebut Elon Musk yang ikut disebut akunnya merespons, "Saya berharap ada kota mandiri di Mars dalam 20 tahun!"

Sekadar informasi, saat ini Mars diakui sebagai planet berharga bagi manusia. Planet ini merupakan yang paling dekat dengan Bumi, karena ukuran dan pola aktivitasnya yang juga mirip Bumi.

Beberapa ilmuwan memperkirakan, selain daerah kutub, Mars akan memiliki jejak air mencair. Jika manusia ingin memasuki alam semesta yang lebih dalam, Mars akan menjadi stasiun transit yang sangat baik.

4 dari 4 halaman

Pastikan Generasi Manusia Bisa Lihat Mars

Namun, bisakah manusia membangun kota di Mars dalam 20 tahun? 20 tahun memang hampir seperempat dari kehidupan manusia, namun bagi alam semesta, waktu dua puluh tahun adalah waktu yang singkat.

Bulan lalu, Elon Musk mengatakan bahwa generasi kita akan melihat manusia di Mars dalam masa hidup mereka. Selain itu, Elon Musk juga mengatakan pada pertengahan Juli lalu bahwa dia akan menciptakan peradaban mandiri di Mars.

"20 hingga 30 tahun dari pendaratan manusia pertama jika pertumbuhan tingkat peluncuran (ke antariksa) eksponensial," kata Elon Musk.

Elon Musk juga membagikan foto yang memperlihatkan pembangunan di Mars. Kini, pria yang juga bos di Tesla itu tengah mempromosikan platform kendaraan luncur generasi berikutnya dari Starship.

Pada 9 Agustus 2022, peluncur Starship Booster B7 melakukan pengapian statis di Boca Chica Starship Base di Texas dan berhasil.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS