Sukses

Intip Strategi Atasi Masalah Keuangan ala SimInvest

Business Development Manager Sinarmas Sekuritas, Sandy mengatakan, salah satu mengatasi masalah keuangan dengan mengelola keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah keuangan menjadi salah satu masalah yang paling sering ditemui. Bahkan, masalah keuangan ini bisa menyebabkan stres.

Business Development Manager Sinarmas Sekuritas, Sandy mengatakan, salah satu mengatasi masalah keuangan dengan mengelola keuangan. Hal tersebut diungkapkan dalam acara SimInvest pada Jumat, 5 Agustus 2022.

“Kita harus mengelola keuangan, tapi kita juga harus bisa mengelola keinginan kita,” kata Sandy dalam konferensi pers, Jumat (5/8/2022).

Dia menuturkan, untuk mengelola keuangan tersebut, seseorang perlu mengalokasikan pendapatan kepada setiap pos sesuai porsinya, termasuk porsi untuk investasi.

“Investasi sangat penting, investasi tidak ada yang instan harus sabar,” ungkapnya.

Lantas, apa itu tujuan investasi?

Sandy menyebutkan, tujuan investasi, yakni agar seseorang bebas finansial kemudian hari.

“Jadi masalah keuangan sebetulnya relatif mudah untuk kita menghindarinya, kita mengelola keuangan dan post-postin pendapatan, investasi sesuai profil risiko, kalau disiplin nanti bebas finansial,” kata dia.

Jika sudah melakukan hal tersebut, seseorang akan terhindar stres karena keuangan. Selain itu, Deputy Head of Research Sinarmas Sekuritas, Ike Widiawati juga menjelaskan terkait cara mengurangi stres akibat masalah keuangan, salah satunya dengan mengurangi gengsi dalam berteman.

“Kurangi gengsi dalam berteman, jangan pikirin orang lain mau bilang apa," kata Ike.

Ike juga menegaskan, bicarakan masalah dengan orang terdekat dan biasakan sejak dini untuk mengatur keuangan secara sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biasakan Atur Keuangan

Bahkan, Ike juga menyarankan untuk membuat rencana di awal dan ikuti rencana keuangan yang telah ditentukan, serta mengatur budget bulanan untuk mempersiapkan dana darurat dan tabungan.

"Biasakan untuk mengatur keuangan,” tutur dia.

Kemudian, untuk mengurangi rasa stres tersebut, perlu juga menenangkan pikiran dengan meditasi dan relaksasi serta banyak membaca untuk memperluas pengetahuan.

Lalu, bagaimana cara memulai investasi? Berikut ini salah satu cara investasi ala SimInvest.

1 Menentukan tujuan investasi

2 Harus menentukan profil risiko

3 Pilih instrumen investasi yang paling cocok

4 Belajar melakukan analisis saham atau reksa dana

5 Jangan berinvestasi karena teman, berinvestasilah karena kamu yakin

6 Mulai dari yang kecil

"Jangan ikut-ikutan (untuk investasi), tapi belajar sendiri, mulai pelan-pelan untuk investasinya,” tegas Sandy.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Simak Cara Investasi di SimInvest

Sebelumnya, investasi di pasar modal termasuk saham menjadi alternatif investasi bagi masyarakat. Hal ini ditunjukkan dari jumlah investor pasar modal yang meningkat.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal mencapai 8,85 juta hingga Mei 2022 dari 2021 sebesar 7,48 juta. Head of Strategic Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang mengatakan, kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari saham. 

"Hidup kita sehari-hari tidak terlepas dari saham," ujar dia dalam acara SimInvestival Goes to Campus pada Jumat (24/6/2022).

Dia menuturkan, Sinarmas Sekuritas memberikan akses untuk memulai berinvestasi di saham melalui aplikasi mobile SimInvest dan SimInvest desktop. Lalu, untuk aplikasi mobile bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

"(Aplikasi mobile) untuk para pemula dan desktop ini biasanya digunakan para trader yang Pro,” kata dia. 

Sinarmas Sekuritas juga memiliki komitmen yang sangat kuat sebagai bagian dari konglomerat terbesar di Indonesia yang sudah melayani masyarakat Indonesia dalam investasi dan keuangan lebih dari 30 tahun. 

"Telah ada 160 ribu investor di Sinarmas Sekuritas dengan nilai transaksi tahun lalu 2021 sebanyak 122 triliun dan kami didukung oleh Sinar Mas Group," kata Eyfrel.

Tak hanya itu, Eyfrel juga menjelaskan cara memulai investasi melalui SimInvest sebagai berikut:

 · Download dan login ke SimInvest

· Buka Akun investor (isi form online)

· Dibuatkan SID dan Sub Rek di KSEI

· Dibuatkan Rekening Dana Nasabah (RDN) di Bank Sinarmas

· Top Up RDN dan mulai coba saham di SimInvest

4 dari 4 halaman

Kampanye SIMinvest

Adapun campaign SimInvest yang bernama 4D, yakni Diajarin, Dimodalin, Digratisin dan Dibonusin. Berikut ini merupakan isi dari campaign 4D SimInvest:

1. Diajarin investasi pakai cara seru dan menyenangkan dan yang tidak tahu sama sekali sampai menjadi jago investasi. Semuanya gratis ditambah diberikan hadiah total miliaran rupiah dengan grand prize 1 unit apartemen Sinarmas Land di BSD, Tangerang.

2.Dikasih tambahan modal investasi Rp 100 ribu untuk nasabah baru yang melakukan transaksi pertama nya di SimInvest. Modal investasi ini ditransfer ke Rekening Dana Investor di Bank Sinarmas.

3.Digratisin saham asli di Bursa Efek Indonesia (bukan saham virtual) kalau mengajak temak untuk investasi di SimInvest. Semakin banyak teman yang diajak berinvestasi, semakin banyak saham gratis yang didapatkan.

4.Dibonusin StarPoin setiap kali transaksi di SImInvest di mana StarPoin ini dapat digunakan untuk pembelian merchant-merchant seperti, Tokopedia, ACE Hardware, Gojek dan lain-lain. Bahkan, bisa ditukarkan jadi saldo RDN untuk tambah beli saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.