Sukses

Persiapan Dharma Polimetal Menyongsong Era Kendaraan Listrik di Indonesia

Perseroan tengah melakukan penyesuaian bagian komponen untuk mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), ikut mempersiapkan diri menyongsong era kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di tanah air.

Presiden Direktur Dharma Polimetal Tbk, Irianto Santoso menerangkan, perseroan saat ini telah melakukan sejumlah persiapan.

“Kita memproduksi komponen-komponen dengan material yang menggunakan lightweight material. Jadi yang mempunyai kekuatan tarik tinggi,” ujar Irianto dalam webinar Indonesia Investment Education, Sabtu (19/2/2022).

Salah satunya, perseroan tengah melakukan penyesuaian bagian komponen untuk mobil listrik. Hal itu lantaran baterai mobil listrik memiliki masa yang lebih dibandingkan mesin pada kendaraan konvensional. Sehingga sebagai kompensasinya, komponen badan mobil harus lebih ringan.

“Karena ada penambahan berat itu, maka body kendaraan harus lebih ringan untuk mengkompensasi dari berat baterainya,” imbuh Irianto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baterai Kendaraan Listrik

Selain itu, perseroan juga mempersiapkan battery pack. NAmun sementara diproduksi hanya untuk sepeda atau scooter dan kendaran roda tiga (three-wheeler EV).

“Memang saat ini membuat baterai hanya untuk kendaraan sepeda dan persiapan untuk three-wheeler. Jadi mudah-mudahan tahun ini kita mulai. Saat ini sedang pengujian,” ungkapnya.

Perseroan juga tengah mengembangkan komponen elektronik, sensor dan wiring harness untuk EV yang merupakan saraf dari kendaraan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.