Sukses

Petuah Lord Warren Buffett buat Milenial dan GenZ, Berinvestasi pada Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Investor dan miliarder legendaris Warren Buffett berbagi tips kepada generasi muda, bagaimana caranya meningkatkan nilai diri.

Rahasianya, yakni fokus pada belajar bagaimana menulis dan berbicara dengan jelas. Menurut Warren Buffett, cara ini bisa menaikkan setidaknya 50 persen nilai diri.

"Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan, tidak ada yang terjadi. Anda dapat memiliki semuanya di dalam otak, tetapi Anda harus dapat mengirimkannya. Dan transmisinya adalah komunikasi,” kata Buffett dilansir dari CNBC, Sabtu (22/1/2022).

Pernyataan Buffet itu berasal dari sebuah video yang diunggah Michael Hood di laman LinkedIn. Hood adalah salah satu pendiri Voiceflow, start-up yang berbasis di Toronto.

Suatu ketika, Hood dan Buffett sedang menuju ke Canadian Walk of Fame Inductee Gala. Hood, yang berusia 22 tahun, adalah pendamping Buffett untuk hari itu.

Dalam perjalanan tersebut, Hood bertanya, apa yang bisa dibagikan Buffet bagi generasi muda usia 21 atau 22 tahun, atau yang baru saja lulus sekolah.

Lalu Buffet menjawab dengan nasihat yang telah dipelajari secara langsung, yakni mengenai komunikasi.

 

2 dari 2 halaman

Tak Pandai Komunikasi

Buffet mengaku, bahwa ia bukan orang yang piawai dalam berkomunikasi. Hingga ia memutuskan untuk mengambil kursus berbicara di depan umum di Dale Carnegie, organisasi pelatihan tempat kerja dan pengembangan keterampilan profesional yang didirikan oleh penulis Dale Carnegie.

"Saya sebenarnya punya ijazah di kantor. Bukan ijazah kuliah atau pascasarjana, tapi ijazah Dale Carnegie, karena itu mengubah hidup saya," kata Buffett.

"Berinvestasilah pada dirimu sendiri,” imbuh Buffet memungkasi.

Hal senada sebelumnya pernah juga diutarakan oleh pengusaha sekaligus miliarder, Richard Branson. Ia setuju bahwa mampu berkomunikasi secara efektif sangat penting untuk meraih kesuksesan.

"Hari ini, jika Anda ingin sukses sebagai pengusaha, Anda juga harus menjadi pendongeng," kata pengusaha Inggris itu dalam posting blog 2016 silam.

Menurut Branson, memang tidak ada gunanya menjadi pendongeng yang baik saat ide yang disampaikan tidak bernilai. Akan tetapi, juga tidak cukup hanya membuat gagasan atau produk yang bagus jika tidak ada orang yang tahu, alias tidak dikomunikasikan dengan baik.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.
    Miliarder
  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.
    Warren Buffett