Sukses

Alternatif Investasi, BNP Paribas Asset Management Rilis Reksa Dana Indeks ETF

Liputan6.com, Jakarta - PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF. Solusi investasi berupa Reksa Dana Exchange Traded Fund (ETF) ini diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memberikan eksposur bagi para investor ke 30 perusahaan dengan tema “Pertumbuhan”.

Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF ini merupakan produk ETF pertama dari PT BNP Paribas AM. Produk ETF ini terdaftar dengan kode perdagangan XBIG dan mulai diperdagangkan per 21 September 2021, dengan nilai nominal sebesar Rp 500 per unit penyertaan.

Berdasarkan data yang dikelola oleh OJK, dalam lima tahun terakhir, produk ETF di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Yakni naik sebesar 114 persen ke Rp 14,8 triliun per Agustus 2021 (2,74 persen dari total NAB industri) dari sebelumnya yang hanya sekitar Rp 6,4 triliun per  2016 (1,90 persen dari total NAB industri).

"Kami menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema ‘Pertumbuhan’,” ujar Presiden Direktur PT BNP Paribas AM mengatakan, Priyo Santoso, Selasa (21/9/2021).

Proyo menambahkan, berinvestasi di ETF menawarkan beberapa keunggulan. Seperti transaksi secara real-time. Harga juga tersedia secara real-time di Bursa, sehingga memungkinkan investor untuk bertransaksi intra-day, selama jam perdagangan bursa.

Tujuan investasi Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF adalah untuk menghasilkan kinerja yang mengikuti kinerja indeks IDX Growth30.

"Dengan berinvestasi di Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, yang mengikuti pergerakan indeks IDX Growth 30, kami ingin memperkenalkan investor pada manfaat dari berinvestasi dengan tema ‘Pertumbuhan’," kata dia.

Manfaat tersebut dapat dicapai dengan mengacu pada Indeks IDX Growth30. Indeks ini berisi 30 saham yang sudah terseleksi oleh BEI dan memiliki tren pertumbuhan laba yang baik.

Dalam meluncurkan produk ETFnya yang pertama ini, PT BNP Paribas AM bekerjasama dengan PT Indo Premier Sekuritas (IPS) sebagai Dealer Partisipan. IPS merupakan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang telah berpengalaman menjadi dealer partisipan untuk 27 ETF sejak 2007.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sekilas ETF

ETF merupakan produk Reksa Dana dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unitnya diperdagangkan di bursa efek. Meski ETF merupakan Reksa Dana, ETF memiliki kelebihan dalam hal transaksi dan harga, harganya tersedia secara real time dan ditransaksikan layaknya jual-beli saham di bursa efek.

Transaksi ETF tersedia di pasar primer melalui Dealer Partisipan, dan di pasar sekunder melalui perusahaan sekuritas (broker). Investor institusi dapat melakukan pembelian unit penyertaan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF melalui pasar primer dan pasar sekunder, sedangkan investor individu hanya melalui pasar sekunder.

Sementara, Indeks IDX Growth30 adalah indeks yang diluncurkan oleh BEI, yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Sebelumnya pada bulan Mei, PT BNP Paribas AM juga telah meluncurkan reksa dana indeks baru, yaitu Reksa Indeks BNP Paribas IDX Growth30.