Sukses

Hasnur Internasional Bidik Dana Segar hingga Rp 157 Miliar dari IPO

Liputan6.com, Jakarta - PT Hasnur Internasional Tbk (HIS) akan segera mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kuartal III 2021.

CEO PT RHB Sekuritas, Iwanho menerangkan, Perseroan akan melepas sebanyak banyaknya 525,25 juta lembar saham baru atau 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

"Saat ini Hasnur hendak merencanakan IPO nya sebanyak 20 persen atau sebanyak-banyaknya yaitu 525,25 juta lembar saham," ujar dia dalam paparan publik, Senin (26/7/2021).

Adapun harga penawaran dilakukan pada rentang harga Rp 230 - Rp 300 per lembar saham. Dengan demikian, Perseroan berpotensi meraup dana segar sekitar Rp 120 miliar-Rp 157 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT HIS, Jayanti Sari menyampaikan Perseroan menambah investasi yang dipergunakan untuk pengadaan kapal dan tongkang. Serta tambahan investasi untuk pengembangan usaha pelabuhan dan jasa-jasa terkait usaha ke pelabuhan.

Jayanti menuturkan, rencana penggunaan dana dari IPO ini akan dialokasikan seluruhnya untuk pengembangan usaha PT HIS dan entitas-entitas anak perusahaan yang seluruhnya bergerak di bidang transportasi laut dan jasa kepelabuhan.

2 dari 4 halaman

Rincian Dana IPO

Rinciannya, sebanyak 46 persen dari hasil IPO untuk belanja modal untuk membeli 3 set armada kapal laut dan tongkang dengan indikasi harga senilai Rp 50 miliar.

“Jika dari 40 persen dari hasil IPO tersebut tidak cukup untuk mendanai pembelian tiga kapal dan tongkang, maka kekurangannya akan menggunakan dana pihak ketiga yang akan diusahakan setelah IPO,” kata Jayanti.

manajemen PT HIS berharap pembelian 3 set armada tersebut akan memperbaiki kinerja operasional melalui perbaikan komposisi penggunaan Armada antara kapal sewa atau rentship dan kapal milik sendiri atau ownship.

Kemudian, sebanyak 23 persen dana dari hasil IPO akan disalurkan kepada entitas anak yaitu PT Hasnur Resources Terminal (HRT) dalam bentuk pinjaman untuk pembelian peralatan guna mendukung rencana pengembangan serta peningkatan fasilitas dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang jasa kepelabuhan. Selanjutnya sebanyak 31 persen akan digunakan untuk modal kerja untuk mendukung kegiatan operasional.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal IPO

Jadwal penawaran umum perdana saham HAIS:

Masa Penawaran Awal: 26 Juli – 6 Agustus 2021

Perkiraan Tanggal Efektif: 20 Agustus 2021

Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham: 23 – 27 Agustus 2021

Perkiraan Tanggal Penjatahan: 27 Agustus 2021

Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik: 30 Agustus 2021

Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia: 31 Agustus 2021

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini