Sukses

Dana Hasil Lelang Kursi Perjalanan Luar Angkasa Bersama Pendiri Amazon Jeff Bezos Terjual USD 28 Juta, Untuk Apa Saja?

Liputan6.com, New York - Seorang penawar yang tidak disebutkan namanya membayar USD 28 juta atau sekitar Rp 397,92 miliar (asumsi kurs Rp 14.211 per dolar AS) pada lelang Sabtu, 12 Juni 2021 waktu setempat untuk kursi perjalanan bersama pendiri Amazon Jeff Bezos di pesawat luar angkasa awak pertama dari perusahaan Blue Origin pada Juli 2021.

Pendiri Amazon Jeff Bezos mengatakan, dia dan saudaranya Mark akan mengambil tempat dalam peluncuran New Shepard pada 20 Juli 2021.

Mereka akan bergabung dengan pemenang lelang amal pada Sabtu kemarin. Identitas para pemenang lelang akan diungkapkan dalam beberapa minggu ke depan dan turis luar angka yang belum disebutkan namanya, menurut Direktur Blue Origin Ariane Cornell. Demikian dilansir dari CNN, Minggu (13/6/2021).

Penawar yang sukses tersebut mengalahkan sekitar 20 pesaing dalam lelang yang diluncurkan pada 19 Mei 2021 dan diakhiri dengan hiruk pikuk siaran langsung selama 10 menit. Penawaran telah mencapai USD 4,8 juta pada Kamis pekan ini, dan melonjak secara spektakuler saat jelang berakhirnya lelang dengan meningkat USD 1 juta.

Selain komisi juru lelang, hasil lelang akan disumbangkan ke Yayasan Blue Origin, Club for the Future, yang bertujuan menginspirasi generasi mendatang untuk mengejar karier di sains, teknologi, Teknik dan matematika.

2 dari 3 halaman

Memenuhi Impian ke Luar Angkasa

Lepas landas dari gurun di Texas Barat, perjalanan New Shepard akan berlangsung 10 menit. Empat penumpang akan di atas garis Karman yang menandai batas antara atmosfer dan ruang angkasa bumi.

Setelah lepas landas, kapsul terpisah dari pendorongnya kemudian menghabiskan empat menit di ketinggian melebihi 100 km. Selama waktu itu mereka yang berada dalam pesawat mengalami keadaan tanpa bobot dan dapat mengamati lengkungan bumi dari luar angkasa.

Bezos yang mengumumkan pada awal 2021 kalau mengundurkan diri sebagai CEO Amazon untuk menghabiskan lebih banyak waktu di proyek lain termasuk Blue Origin. Ia akan memenuhi impian dengan terbang ke luar angkasa.

New Shepard Blue Origin telah berhasil melakukan lebih dari selusin uji coba tanpa awak dari fasilitasnya di Pegunungan Guadalupe, Texas Barat.

Sistem roket suborbital yang dapat digunakan kembali dinamai Alan Shepard, orang Amerika Serikat pertama di luar angkasa 60 tahun lalu.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini