Sukses

Sebelum Umumkan Perceraian, Bill Gates Pernah Lepas Saham Microsoft untuk Donasi

Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian dalam pernyataan yang diunggah ke Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari miliarder dan pendiri Microsoft, Bill Gates dan Melinda Gates. Pasangan yang sudah menikah 27 tahun ini memutuskan untuk bercerai.

Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian tersebut dalam pernyataan yang diunggah ke Twitter. Pengumuman mereka diunggah ke feed twitter Bill dan Melinda. Pengumuman itu juga menyatakan Bill dan Melinda Gates akan terus bekerja sama di Bill and Melinda Gates Foundation. Sebelumnya, Bill Gates (65) dan Melinda French Gates (56) menikah pada 1994. 

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” ujar keduanya dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif,”

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,”

Bill Gates telah melepaskan jabatan di Microsoft, perusahaan yang dia bangun, demikian mengutip Barrons, Selasa (4/5/2021).

Ia mundur dari jabatannya sebagai CEO pada 2000, dan mengakhiri perannya sehari-hari pada Juni 2008. Ia pun mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014, dan melepaskan posisi di dewan Microsoft pada tahun lalu.

Menurut Forbes, Bill Gates termasuk orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan USD 124 miliar atau sekitar Rp 1.788 triliun (asumsi kurs Rp 14.419 per dolar AS). Ia masih memiliki lebih dari satu persen saham Microsoft yang beredar.

Ayah dari tiga tiga anak ini bersama istrinya telah menyumbangkan USD 35,8 miliar atau sekitar Rp 516,18 triliun saham Microsoft dan uang tunai kepada yayasan. Hal itu dilakukan sejak 1994.

Gates bahkan menciptakan Giving Pledge pada 2010 dengan investor dan miliarder Warren Buffett, dan 168 orang lainnya telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Sebelumnya Bill Gates pernah memberikan lima persen saham Microsoft Corp dari total kekayaannya. Ia menyumbangkan 64 juta saham Microsoft untuk Bill and Melinda Gates Foundation pada 6 Juni 2017. Hal itu seperti disampaikan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. Pada saat itu, nilai saham Microsoft sekitar USD 4,6 miliar.

Berdasarkan hitungan Bloomberg, itu adalah hadiah terbesar dari saham Microsoft yang dibuat Gates sejak 2000. Ia pernah memberikan saham senilai USD 16 miliar pada 1999, dan USD 5,1 miliar setahun kemudian. “Ini adalah perubahan cara dia mendistribusikan aset,” ujar Direktur InsiderScore, Ben Silverman, demikian mengutip Bloomberg, 15 Agustus 2017.

Bill Gates mengurangi kepemilikan sahamnya selama bertahun-tahun melalui penjualan saham untuk mendanai yayasannya. Diperkirakan Gates telah menyerahkan lebih dari 700 juta saham Microsoft ke dalam yayasan, dan menyesuaikan dengan pemecahan saham.

Pemberian saham Microsoft untuk didonasikan tersebut mewakili 38 persen kepemilikan Gates di Microsoft. Gates telah mengurangi kepemilikan sahamnya dari 24 persen pada 1996 menjadi 1,3 persen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bill Gates dan Melinda Gates Tetap di Yayasan

Saat diminta komentar, Juru Bicara Bill and Melinda Gates Foundation, Bill dan Melinda akan tetap menjadi ketua bersama dan pengawas.

"Tidak ada perubahan pada peran mereka dan organisasi yang direncanakan. Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi, dan menetapkan arah organisasi secara keseluruhan,"

The Gates Foundation memiliki 1.602 karyawan, dan memiliki dana abadi USD 49,8 miliar atau sekitar Rp 718,12 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.