Sukses

Bakal IPO,Tokopedia Pertimbangkan Dual Listing

Tokopedia sedang mempertimbangkan pasar dan metode untuk dual listing. Pihaknya telah tunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Tokopedia (Tokopedia) menyatakan sedang memproses rencana untuk menjadi perusahaan publik. Oleh karena itu, pihaknya telah menunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat untuk rencana initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana ke publik.

Adapun rencana tersebut juga tak lepas dari pertumbuhan bisnis Tokopedia selama pandemi COVID-19.

"Pertumbuhan adopsi pasar semakin mendorong pertumbuhan bisnis Tokopedia selama masa pandemi. Kami tengah mempertimbangkan untuk mengakselerasi rencana kami untuk menjadi perusahaan publik, dan telah menunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat kami dalam hal ini,” ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, saat dikonfirmasi, Senin (8/2/2021).

Ia menambahkan, pihaknya sedang mempertimbangkan pasar dan metode untuk dual listing atau pencatatan saham di dua bursa saham. Dikabarkan Tokopedia akan melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di Amerika Serikat dan Indonesia.

“Dual listing, tetapi pastinya yang utama Indonesia karena Tokopedia adalah perusahaan Indonesia,” kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokopedia Kembali Tunjuk Mantan Menparekraf Wishnutama Jadi Komisaris

Sebelumnya, perusahaan e-commerce, Tokopedia, kembali menunjuk Wishnutama sebagai komisaris. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) periode 2019-2020 itu pernah menjabat sebagai komisaris, sebelum mengundurkan diri pada Oktober 2019.

"Tokopedia percaya, pengalaman kepemimpinan dan kreativitas Mas Tama akan memberikan nilai tambah tersendiri, baik untuk para pemimpin di Tokopedia, institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia," ungkap pendiri dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan resminya pada Jumat, 5 Februari 2021.

Wishnutama menyambut baik misi Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital.

"Terutama di sisi pemberdayaan UMKM lokal yang berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif negeri ini. Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan membagi pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan," tutur Wishnutama.

Wishnutama memiliki pengalaman hampir 26 tahun di industri kreatif. Ia merupakan pendiri stasiun televisi swasta.

Wishnutama pun sempat menuai banyak pujian saat menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 atas keberhasilannya menyuguhkan pertunjukan spektakuler.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.