Sukses

Perencana Keuangan Ungkap Ada yang Lebih Bahaya dari Saham Pompom, Apakah Itu?

Perencana Keuangan Senior Aidil Akbar Madjid berpendapat ada yang jauh lebih berbahaya dari pompom saham.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan, ramai rekomendasi sejumlah saham yang beredar di sosial media. Hal ini menjadi pemicu meningkatnya minat pengguna media sosial, yang didominasi generasi muda, untuk terjun ke pasar modal.

Fenomena tersebut biasa disebut dengan istilah pompom saham, yang mengacu kepada beberapa saham yang digadang-gadang harganya akan melejit oleh individu atau kelompok tertentu.

Bahkan, sejumlah tokoh ternama (influencer) juga turut merekomendasikan saham-saham tertentu. Rekomendasi tersebut lantas bisa saja diamini oleh sebagian pengikutnya.

Hal ini berpotensi merugikan para investor pemula yang belum paham kinerja pasar modal jika terpengaruh pompom saham.

Namun begitu, Perencana Keuangan Senior Aidil Akbar Madjid berpendapat ada yang jauh lebih berbahaya dari pompom saham. Yaitu akun-akun anonim yang membahas mengenai perencanaan keuangan di media sosial.

“Yang lebih bahaya sekarang banyak akun yang anonimus,” kata Aidil dalam diskusi virtual, ditulis Kamis, (28/1/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akun Anonim Sulit Ditelusuri

Sebagai perbandingan, untuk saham pompom yang melibatkan influencer atau tokoh kenamaan tanah air lebih mudah untuk ditelusuri keberadaannya. Sementara jika akun anonim akan sulit untuk menelusurinya jika terjadi sesuatu yang merugikan.

Bahkan, jika akun anonim tersebut sudah memiliki banyak pengikut, akan berpotensi menggiring pengikutnya untuk tujuan-tujuan tertentu dan akan membahayakan.

"Kalau anonymous mewakili perusahaannya itu masih oke. Tapi kalau dia enggak jelas siapa orang atau admin di belakangnya, kemudian mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan A, akan B, saham akan naik atau turun, itu pertanyaannya,” ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Saham Pompom