Sukses

BEI Minta Emiten Gelar Public Expose Insidentil untuk Redam Kepanikan

Kinerja sejumlah perusahaan yang melantai di BEI sangat baik, bahkan di level Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menginisiasi penyelenggaraan Public Expose Insidentil untuk memberi ruang bagi emiten menyampaikan kinerja keuangannya kepada investor. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan diri para investor dan mencegah aksi panic selling (penjualan saham berlebihan).

"Kita sudah sampaikan seminggu yang lalu kita kirim surat ke mereka (para emiten). BEI mendorong mereka memaparkan kinerja perusahaannya, supaya saham mereka tidak semakin tergerus dan dapat meyakinkan kepercayaan investor," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Ia kemudian mengklaim BEI berkomitmen mendukung penuh bagi perusahaan yang tertarik untuk menggelar acara Public Expose Insidentil. "Kita siap sediakan tempat di BEI atau jika mereka memilih di kantornya kita juga siap datang," imbuh Nyoman.

Gede juga menyebut bahwa kinerja sejumlah perusahaan yang melantai di BEI masih baik, bahkan di level Asia Tenggara. Untuk itu para investor di minta lebih rasional dengan tidak melakukan aksi panic selling, karena sejumlah perusahaan tercatat masih mempunyai nilai saham yang baik.

“Tercatat sebanyak 79 persen perusahaan kita berhasil membukukan net income. Malaysia hanya sebesar 68 persen perusahaan, dan Singapura hanya sebesar 64 persen perusahaan yang mencatatkan net income,” pungkas Nyoman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Informasi Lengkap

Dalam kesempatan yang sama Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi menambahkan bahwa di era keterbukaan informasi publik, emiten dapat memanfaatkan Public Expose Insidentil sebagai momentum tepat untuk membuka informasi lengkap terkait kinerja perusahaannya.

Namun, ia mengakui masih terdapat sejumlah Emiten yang belum merilis laporan keuangan perusahaannya.

"Sejauh ini baru 59 emiten yang sudah menyampaikan laporan keuangan. Dari jumlah tersebut, tercatat pertumbuhan rata-rata pendapatan emiten mencapai 4 persen," sahutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.