Sukses

Moeldoko Yakinkan Investor Pasar Modal bahwa Ekonomi RI Sehat

Situasi di Indonesia baik dari sisi politik maupun ekonomi kini sangat aman, walaupun kondisi global tengah carut marut.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Selasa (18/9/2018). Dalam kunjungan ini ia meyakinkan investor bahwa perekonomian di Indonesia sangat sehat di tengah isu perang dagang yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) dan China.

Selain itu, Moeldoko  melanjutkan, kesempatan investasi di dalam negeri juga tetap besar meski situasi saat ini sedang diguncang oleh berbagai dinamika politik dan ekonomi.

Dia mengatakan, situasi di Indonesia baik dari sisi politik maupun ekonomi kini sangat aman, walaupun kondisi global tengah carut marut lantaran adanya gejolak perekonomian di negara berkembang lain semisal Argentina dan Turki.

"Perekonomian suatu negara itu banyak dipengaruhi oleh situasi global. Itu sudah pasti, karena kita tidak hidup di ruang hampa. Tapi jangan dikaitkan bahwa nilai rupiah kita dengan kondisi global. Itu sebuah pandangan yang sangat keliru," tutur dia.

Terkait dinamika politik menjelang berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April 2019 mendatang, ia pun mengimbau tidak perlu khawatir. Sebagai perbandingan, tambahnya, proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 kabupaten dan kota pada Juni kemarin berhasil menunjukan kematangan demokrasi negara.

"Saya ingin tegaskan, dinamika politik pasti akan berjalan. Tapi percayalah, bahwa situasi akan berjalan dengan baik. Saya, mantan panglima TNI, punya insting yang kuat untuk membaca situasi. Saya paham betul akan ke mana situasi ke depan terjadi," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Investasi

Hal serupa turut ia lontarkan terkait situasi ekonomi Indonesia saat ini. Menurutnya, berbagai problem seperti nilai tukar rupiah yang terombang-ambing dapat tertolong oleh peluang investasi di Indonesia yang masih sangat besar.

"Soal situasi ekonomi saat ini, jangan takut juga. Pemerintah telah menyiapkan sarana untuk menanggulangi itu dengan baik, yakni lewat bentuk investasi dan infrastruktur. Saya yakinkan, investasi sebesar-besarnya ada di Indonesia," pungkas Moeldoko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko