Sukses

Ada Optimisme di AS, Bursa Asia Naik Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia bergerak menguat tipis pada pembukaan perdagangan Rabu pekan ini. Penguatan bursa Asia ini mengikuti Wall Street yang juga menguat karena adanya keyakinan bahwa pertumbuhan di Amerika Serikat (AS) mulai positif.

Menggutip Reuters, Rabu (30/11/2016), Indeks MSCI Asia pasifik di luar Jepang naik 0,1 persen pada awal perdagangan. Sedangkan Indeks Australia turun 0,16 persen. Nikkei Jepang bergerak mendatang dan Kospi Korea Selatan menguat 0,2 persen.

Di pasar mata uang, nilai tukar dolar AS konsolidasi setelah mengalami penguatan selama tiga pekan berturut-turut. Investor melakukan aksi ambil untung pada perdagangan kali ini.

Penguatan bursa Asia ini mengikuti bursa AS. Dow Jones industrial average berakhir naik 23,7 poin atau 0,12 persen ke level 19.121,6. Sedangkan S&P 500 berakhir menguat 2,94 poin atau 0,13 persen ke angka 2.204,66.

Penguatan tersebut karena ekonomi AS tumbuh 3,2 persen, lebih tinggi dibanding dengan perkiraan awal pada kuartal III 2016. Pertumbuhan AS mencetak kinerja terbaik dalam dua tahun dan menumbangkan perkiraan para ekonom dan analis.

"Optimisme adanya potensi stimulus fiskal dan beberapa deregulasi yang ditargetkan akan berjalan pada tahun depan juga mendorong bursa untuk menguat," jelas kepala Investasi Plante Moran Financial Advisors, Jim Baird.

Sedangkan harga minyak melemah karena pelaku pasar ragu akan terjadi kata sepakat dalam pengurangan produksi pada pertemuan di Wina. (Gdn/Ndw)