Sukses

Kasus Deutsche Bank Dorong Bursa Asia Menguat

Sedangkan penguatan data meyakinkan investor terkait kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi AS.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia menguat terdorong pudarnya harapan jika masalah yang menimpa Deutsche Bank akan terselesaikan dengan cepat, dan meningkatnya ekspektasi  perihal kenaikan suku bunga AS yang menekan Wall Street.

Melansir laman Reuters, Selasa (4/10/2016), indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan, sementara Nikkei indeks saham Jepang naik 0,6 persen karena penguatan dolar terhadap yen.

Kondisi Bursa Asia berbeda bila dibandingkan Wall Street yang ditutup merosot, terpicu saham Deutsche Bank yang kembali turun seiring memudarnya harapan jika pemberi pinjaman terbesar di Jerman ini akan mencapai kesepakatan dengan Departemen Kehakiman AS perihal denda yang mencapai U$ 14 miliar, terkait kasus kesalahan dalam menjual produk subprime mortgage.

Di sisi lain, Institute for Supply Management (ISM) melaporkan indeks aktivitas pabrik nasional naik menjadi 51,5 dari 49,4 pada bulan sebelumnya, menunjukkan bahwa sektor ini sedang berkembang saat ini.

Data yang optimis memberikan dampak campuran. Sedangkan penguatan data meyakinkan investor terkait kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi AS, juga menambah prediksi jika Federal Reserve berada pada jalurnya untuk menaikkan suku bunga pada awal tahun ini.

Dengan penetapan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, baik untuk dolar namun juga bisa menekan pasar ekuitas.

"Prospek penguatan untuk kenaikan suku bunga pada Desember tidak diambil dengan baik di pasar modal," ujar Angus Nicholson, Analis Pasar IG di Melbourne dalam sebuah catatan.

Adapun indeks dolar AS, yang melacak terhadap sekeranjang enam mata uang rival utamanya, naik 0,1 persen menjadi 95,810 DXY.

Terhadap yen, dolar naik 0,4 persen menjadi 102,01 JPY, sementara euro sedikit lebih rendah di posisi Us$ 1,1208.

Hal yang jadi perhatian ekonomi utama minggu ini adalah laporan nonfarm payrolls yang rilis di hari Jumat.

Pengusaha berharap ada penambahan 170 ribu pekerjaan pada bulan September, menurut estimasi median dari 59 ekonom yang disurvei Reuters.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Asia

Video Terkini