Sukses

Harga Saham Perdana Soechi Line Tertinggi Capai Rp 700

Saat pembukaan, pukul 09.00 wib, saham SOCI dibuka di level 690 dengan kemudian ‎langsung menuju titik tertinggi 700.

Liputan6.com, Jakarta - PT Soechi Line Tbk resmi mencatatkan saham perdananya (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham SOCI pada Rabu (3/12/2014) ini.

Adapun jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 1.059.000.000 lembar dengan nilai nominal Rp 100 dan harga penawaran Rp 550 per saham. Berlaku sebagai penjamin pelaksana emisi PT RHB OSK Securities Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas.

Saat pembukaan, pukul 09.00 wib, saham SOCI dibuka di level 690 dengan kemudian ‎langsung menuju titik tertinggi 700 atau langsung naik 25,4 persen. Sementara level terendah berada di harga 595 per lembar saham.

Direktur Utama PT Soechi Line Tb Go Darmadi mengungkapkan dengan pencatatan saham ini diharapkan bisa mendukung perusahaan untuk menjadi perusahaan transportasi maritim terbesar‎ di Indonesia.

"Setelah 35 tahun terus kami berjuang membangun membesarkan Soeci Line sehingga menjadi perusahaan transportasi migas terbesar di Indonesia, ini alasan memberaikan kami catatakan saham di bursa," kata dia di Bursa Efek Indonesia.

Setelah IPO, komposisi saham SOCI menjadi 79 persen milik PT Soechi Group, 1,7 persen milik Paulus Utomo, 1,7 persen milik Hartono Utomo, 1,7 persen milik Go Darmadi, 0,07 persen milik karyawan dan 14,93 persen milik masyarakat.

‎PT Soechi Lines didirikan tanggal pada 13 Agustus 2010 dan memulai kegiatan komersilnya pada 2012. Ruang lingkup kegiatan usaha Soechi Lines adalah bergerak dalam bidang perdagangan impor dan ekspor, jasa konsultasi, pembangunan, transportasi, percetakan, pertanian, perbengkelan dan industri lainnya.

Saat ini, Soechi Lines bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen sedangkan Anak Usaha bergerak di bidang pelayaran dan pembangunan kapal.

Perusahaan tergabung dalam kelompok usaha Grup Soechi dan induk usaha terakhir adalah PT Soechi Group. PT Soechi Group adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan usaha dibidang perdagangan, Jasa, pembangunan, pengangkutan, pertambangan, percetakan, pertanian, perbengkelan dan perindustrian, yang didirikan pada tanggal 18 Mei 2010. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini