Sukses

Bursa Asia Menuju Penurunan Bulanan Pertama Sejak April

Analis Pasar Saham IG Ltd, Stan Shamu menjelaskan, penurunan Bursa Asia disebabkan pelaku pasar kembali terpengaruh ketegangan geopolitik.

Liputan6.com, Sydney - Bursa Asia atau saham-saham di kawasan Asia Pasifik berguguran. Indeks patokan regional menuju penurunan bulanan pertama sejak April, dipimpin oleh saham sektor konsumen.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/8/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,2 persen menjadi 147,99 pada pukul 09.32 waktu Tokyo, Jepang.

Indeks Topix Jepang merosot 0,4 persen karena dipengaruhi oleh Yen. Indeks Hang Seng Hong Kong sedikit berubah sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises tergelincir 0,2 persen.

Analis Pasar Saham IG Ltd, Stan Shamu menjelaskan, penurunan Bursa Asia tersebut disebabkan pelaku pasar kembali terpengaruh ketegangan geopolitik.

"Para Investor melihat bahwa ketegangan di Ukraina kembali memanas sehingga pelaku pasar memilih untuk mengamankan portofolio mereka," jelasnya. Oleh sebab itu, aksi jual pun terjadi di Bursa Asia sehingga membuat penurunan indeks patokan regional.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji untuk meningkatkan pengamanan negara tersebut dari para pemberontak pro Rusia.

Amerika Serikat mengungkapkan, kemungkinan besar Rusia akan mendukung kaum separatis dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengambil langkah-langkah yang jauh dari harapan dunia. (Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini