Sukses

Mencicipi Tahu Gimbal Haji Edy, Kuliner Khas dan Legendaris di Semarang

Tahu Gimbal merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang wajib untuk dicoba dan salah satunya adalah Tahu Gimbal Haji Edy.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang memesona tetapi juga menyimpan kekayaan budaya dan kuliner yang unik dan khas pada setiap daerahnya. Salah satu kuliner populer yang wajib dicoba adalah Tahu Gimbal.

Melansir dari beberapa sumber, tahu gimbal merupakan salah satu kuliner unik dan khas dari kota Semarang. Dalam satu hidangannya, terdapat banyak bahan nikmat mulai dari tahu goreng, gimbal (bakwan udang), lontong, telur, kol, hingga saus kacang yang lezat.

Tahu gimbal menyajikan kombinasi rasa yang unik dan nikmat sehingga makanan ini menjadi kuliner favorit banyak wisatawan termasuk warga lokalnya. Asal usul tahu gimbal berasal dari salah satu nama hidangannya.

Nama “Gimbal” dalam tahu tersebut ternyata merujuk terhadap makanan bakwan udang yang ternyata disebut “Gimbal”. Diketahui kata “Gimbal” tersebut dalam bahasa Jawa berarti rambut yang kusut atau tidak teratur.

Sehingga menggambarkan bentuk bakwan udang yang terlihat acak-acakan atau gimbal. Sementara terkait asal usul hidangannya sendiri belum ada informasi yang pasti namun hidangan Tahu gimbal sudah menjadi kuliner khas ketika berkunjung ke kota Semarang.

Wisatawan bisa menemukan tahu gimbal yang dijual baik pada warung-warung kaki lima atau restoran tradisional. Sebagai kuliner khas, makanan ini cocok di lidah banyak orang terutama masyarakat Indonesia.

Salah satu tempat makan tahu gimbal yang cukup legendaris di Semarang adalah Tahu Gimbal Haji Edy. Tempat makan ini menjadi kuliner legendaris yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencicipi tahu gimbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyaknya Warung Makan Tahu Gimbal Pak Edy

Ketika berkunjung ke kota Semarang para wisatawan tentunya akan kebingungan mencari tempat makan mana yang merupakan Tahu Gimbal Pak Edy yang asli. Mengingat ada banyak warung yang berjejer menggunakan nama yang sama.

Bagi orang yang mungkin baru mengunjungi kota tersebut tentunya akan kebingungan melihat warung-warungnya. Melansir dari beberapa sumber diketahui ada banyak warung yang menggunakan nama Tahu Gimbal Pak Edy.

Hampir seluruh warungnya bahkan memasang spanduk dengan warna yang sama pula, tetapi terdapat perbedaan dalam penulisan nama antar lapaknya yang bisa diperhatikan dengan seksama.

Misalnya saja ada lapak warung yang memiliki nama “Pak Edi Asli”, “Pak Edy”, “Haji Edy”, hingga “Pak Edi”. Selain nama warung-warung tersebut juga bahkan mencantumkan foto dan tulisan “tidak buka cabang”.

3 dari 3 halaman

Tahu Gimbal Haji Edy berdiri sejak 1972

Diketahui ada salah satu warung yang sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan terutama selebritas terkenal yaitu Tahu Gimbal Haji Edy (sejak 1972). Melansir dari ulasan Google tempat makan ini memiliki rating 4.4 dari 1.710 pengguna.

Bahkan, Chef populer Indonesia yaitu Chef Juna juga pernah mencicipi tahu di tempatnya. Pada warung Tahu Gimbal Haji Edy dalam spanduknya dilengkapi dengan foto sang pendiri bernama Edy Kamsani.

Lokasi Tahu Gimbal Haji Edy berada di sekitar Taman Indonesia Kaya atau Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 12.00 hingga 22.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, satu porsi Tahu Gimbal di tempat makan ini mempunyai harga yang cukup terjangkau sekitar Rp25 ribu untuk tahu gimbal tanpa telur, Rp28 ribu untuk tahu gimbal komplet, dan Rp39 ribu untuk tahu gimbal spesial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.