Sukses

Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Kura-Kura yang Baik dan Tepat

Kura-kura adalah hewan yang relatif mudah dirawat, tetapi tetap membutuhkan perhatian dan perawatan khusus agar dapat hidup sehat dan bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Memelihara kura-kura bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik. Kura-kura adalah reptil yang memiliki cangkang keras sebagai perlindungan dari predator.

Cangkang terdiri dari dua bagian yakni karapas di bagian atas dan plastron di bagian bawah. Salah satu keunikan kura-kura adalah kemampuannya untuk hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun, tergantung pada spesies kura-kura.

Mereka juga memiliki berbagai adaptasi unik seperti kemampuan menyimpan air dalam tubuh dan berjemur untuk mengatur suhu tubuh mereka. Untuk memastikan kura-kura hidup dengan nyaman, penting untuk menyiapkan habitat yang sesuai.

Kura-kura darat memerlukan terrarium dengan substrat yang lembut dan area berjemur, sementara kura-kura air memerlukan akuarium dengan air yang cukup dalam untuk berenang. Lingkungan kura-kura harus memiliki pencahayaan UVB dan pemanas untuk menjaga suhu yang ideal.

Pastikan habitat selalu bersih untuk mencegah penyakit. Pola makan kura-kura bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Kura-kura darat umumnya herbivora dan membutuhkan sayuran hijau, buah-buahan, serta suplemen kalsium. Sementara itu, kura-kura air cenderung omnivora, memerlukan kombinasi sayuran, buah, serta protein seperti serangga atau ikan kecil.

Pemberian makan yang seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan mereka. Kura-kura adalah hewan yang relatif mudah dirawat, namun tetap membutuhkan perhatian dan perawatan khusus agar dapat hidup sehat dan bahagia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Memelihara Kura-kura

Memilih Habitat Tepat

Habitat yang tepat adalah kunci utama dalam merawat kura-kura. Anda perlu menyiapkan akuarium atau terrarium yang cukup besar agar kura-kura memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Pastikan tempat tinggalnya dilengkapi dengan lampu UVB untuk mendukung kesehatan kulit dan cangkangnya, serta pemanas untuk menjaga suhu yang sesuai. Kura-kura membutuhkan area berjemur yang hangat serta air yang cukup dalam untuk berenang.

Kebersihan Habitat

Kebersihan habitat kura-kura sangat penting untuk mencegah penyakit. Anda perlu rutin membersihkan akuarium atau terrarium, termasuk mengganti air dan membersihkan tempat berjemur. Filter air juga sangat membantu dalam menjaga kebersihan air, terutama untuk kura-kura air. Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan sisa-sisa makanan yang bisa membusuk dan mencemari lingkungan kura-kura.

Makanan Seimbang

Pola makan kura-kura harus seimbang dan sesuai dengan spesiesnya. Beberapa kura-kura adalah herbivora, sementara yang lain omnivora atau bahkan karnivora. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli reptil untuk mengetahui kebutuhan spesifik kura-kura Anda. Sebagai panduan umum, berikan sayuran hijau, buah-buahan, serta protein seperti cacing atau serangga. Jangan lupa untuk menambahkan suplemen kalsium untuk kesehatan cangkang kura-kura.

Kesehatan Kura-Kura

Kesehatan kura-kura harus selalu dipantau. Perhatikan tanda-tanda penyakit seperti perubahan nafsu makan, lethargy, perubahan warna kulit atau cangkang, serta masalah pernapasan. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter hewan. Selain itu, jadwalkan pemeriksaan rutin untuk memastikan kura-kura Anda dalam kondisi sehat.

Interaksi Cukup

Kura-kura adalah hewan yang tidak memerlukan interaksi sosial yang intens seperti anjing atau kucing, tetapi mereka tetap membutuhkan stimulasi dan perhatian. Berikan waktu untuk bermain atau menjelajahi area yang aman di luar habitatnya. Ini tidak hanya membantu kura-kura tetap aktif, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memperhatikan kondisi fisik dan perilaku mereka lebih dekat.

Pahami Kebiasaan Alamiah Kura-Kura

Setiap spesies kura-kura memiliki kebiasaan dan kebutuhan alamiah yang berbeda. Pelajari tentang spesies kura-kura Anda untuk memahami kebiasaan berjemur, bersembunyi, serta kebiasaan makan mereka. Menyediakan lingkungan yang menyerupai habitat alami mereka dapat membantu kura-kura merasa lebih nyaman dan mengurangi stres.

Perlindungan dari Predator dan Bahaya

Pastikan habitat kura-kura terlindungi dari predator dan bahaya lainnya. Jika Anda memelihara kura-kura di luar ruangan, pastikan kandangnya aman dari hewan lain seperti anjing, kucing, atau burung pemangsa.

Juga, pastikan tidak ada bahan beracun atau benda-benda kecil yang bisa tertelan oleh kura-kura. Keamanan habitat sangat penting untuk memastikan kesejahteraan kura-kura Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa kura-kura Anda hidup dalam kondisi yang sehat dan bahagia. Memelihara kura-kura memerlukan komitmen dan tanggung jawab, tetapi dengan perawatan yang tepat, mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dan menarik untuk dipelihara.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini