Sukses

Diluncurkan, Semangat Kearifan Lokal Jadi Landasan Pilkada Dompu

Pilkada Dompu tahun ini dilandasi oleh semangat kearifan lokal, yaitu Manggini, Manggari, Mataroa.

Liputan6.com, Jakarta - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, sudah dimulai.

Dimulainya pelaksanaan Pilkada Dompu diselenggaran secara resmi dalam acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024 yang dilaksanakan KPUD Dompu, Sabtu (25/5/2024) bertempat di Taman Kota, Pendopo Bupati, selepas sholat Isya.

Launching Pilkada dalam seremonial ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, pimpinan partai politik, penyelenggara dan pengawas Pilkada, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ketua KPUD Dompu Arif Rahman, dalam sambutannya mengatakan, Pilkada Dompu tahun ini dilandasi oleh semangat kearifan lokal, yaitu Manggini, Manggari, Mataroa.

Arif menjelaskan, semangat Manggini memiliki makna filosofis, proses Pilkada yang berkualitas dengan mengedepankan integritas. Kemudian Manggari artinya masyarakat menghadapi Pilkada dengan sukacita. Dan makna filosofis Mataroa, bahwa hasil dari pelaksanaan Pilkada menjamin kedaulatan rakyat.

"Mari kita wujudkan Pilkada dengan semangat Manggini, Manggari, Mataroa untuk mewujudkan Pilkada yang berdaulat," ajak Arif.

Sebelumnya, ketua KPU NTB Muhammad Khuwailid mengajak masyarakat Dompu bersama sama datang ke TPS untuk memilih saat pemilihan Bupati/Wakil Bupati dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dia mengatakan bahwa setiap tahapan dan proses Pilkada tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Kolaborasi seluruh elemen menjadi penentu suksesnya pelaksanaan Pilkada.

"Kita tidak bisa melakukan sendiri- sendiri, tetapi harus berkolaborasi semua pihak," pungkas Khuwailid ketika menyampaikan sambutan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.