Sukses

Mengenal Sparko, Olahraga Berkonsep Militer di Solo

Saat ini, sparko sudah bisa dinikmati di beberapa kota di seluruh Indonesia, salah satunya Solo.

Liputan6.com, Solo - Sparko atau spartan komando sudah terbentuk sejak 2015. Sparko yang berawal dari komunitas khusus kini berkembang menjadi olahraga berbasis militer yang diminati banyak kalangan.

Mengutip dari surakarta.go.id, sparko merupakan komunitas olahraga modern yang dibentuk oleh prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Mayor Inf Eka Wira Darmawan. Awalnya, komunitas ini merupakan sebuah program Multiple Endurance Training (MET) yang diciptakan oleh beberapa prajurit Kopassus.

Latihan tersebut mengusung konsep street workout, military crossfit, balance training, dan high intensity interval running (HIIR). Latihannya pun hanya diperuntukkan bagi para prajurit Kopassus. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin banyak peminat. Hingga akhirnya, dibuka kesempatan untuk masyarakat sipil yang ingon bergabung dan berlatih bersama.

Dalam pelaksanaannya, sparko memiliki berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up, dan sit up. Sparko juga memiliki gerakan senam kombinasi, seperti lunges, lying leg raises, high knees, spiderman push up, dan squats diamond push up.

Masing-masing gerakan tersebut dilakukan sebanyak 5-10 kali. Biasanya, gerakan tersebut dilakukan sebanyak 5 set setiap latihan.

Saat ini, sparko sudah bisa dinikmati di beberapa kota di seluruh Indonesia, salah satunya Solo. Masyarakat Solo bisa mengikuti olahraga sparko di Stadion Manahan yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Solo.

Masyarakat bisa bergabung bersama komunitas tanpa dipungut biaya. Selain bisa mengikuti olahraga sparko, masyarakat juga bisa menikmati berbagai fasilitas di Stadion Manahan Solo, mulai dari area parkir yang luas, lapangan tenis, lapangan bisbol, sirkuit motor, sirkuit sepeda, ruang billiard, hingga taman.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.