Sukses

Ratusan Personel Polda Lampung Siap Amankan Gelaran Selancar Internasional Krui Pro 2024

Polda Lampung telah membentuk tim untuk mengamankan perlombaan selancar bertaraf internasional di Pesisir Barat, Lampung.

Liputan6.com, Lampung - Pertandingan World Surf League (WSL) Krui Pro Qualyfing Series (QS) 5000 akan kembali dihelat di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, pada 28 Mei hingga 4 Juni 2024 mendatang. Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim untuk mengamankan perlombaan selancar bertaraf internasional tersebut. 

"Sebanyak 222 personel siap mengamankan ajang surfing Internasional Krui Pro World Surf 2024. Ajang bergengsi ini akan dimulai pada 28 Mei sampai 4 Juni 2024 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat," kata Umi, Jumat (3/5/2024). 

Umi menyampaikan, ratusan personel polisi itu terdiri dari anggota Polda Lampung serta polres dan polsek jajaran. “Pengamanan yang akan dilakukan mulai dari tamu penting (VIP), hingga lokasi kompetisi surfing ini berlangsung,” jelas dia. 

Dia menyebutkan, ratusan polisi itu dibentuk dari satuan Ditpamobvit, Ditpolairud hingga Brimob. "Untuk Polres Pesisir Barat anggota yang dibentuk ada sebanyak 130 personel dan Polda Lampung personelnya berjumlah 92 polisi," sebut dia. 

Menurut dia, kompetisi surfing internasional tiap tahun makin diminati oleh atlet profesional luar negeri. "Pada tahun 2022 lalu, ajang ini diikuti oleh 212 peserta lalu pada 2023 diikuti oleh 259 peserta. Atlet internasional dari belasan negara mengikuti kompetisi ini. Jadi, sebagai tuan rumah, kita harus memberikan yang terbaik, termasuk keamanan terhadap para atlet," kata dia.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Barat, I Nyoman Setiawan mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan berbagai persiapan jelang pelaksanaan lomba selancar bertaraf internasional tersebut. "Persiapan tersebut mulai dari intens melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi, hingga ke berbagai pihak terkait," jelas Nyoman. 

Dia menyampaikan, kegiatan Krui Pro merupakan perlombaan setiap tahun yang diadakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang digelar bertaraf internasional melibatkan banyak negara. "Oleh karenanya perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait lainnya," ujarnya.

Dia menyampaikan, dalam upaya mensukseskan hajat tahunan itu, pihaknya juga akan segera melakukan koordinasi secara intensif terhadap stakeholder terkait. "Dengan demikian stakeholder terkait dapat saling bersinergi untuk menyukseskan kegiatan WSL Krui Pro tahun 2024, hingga dapat terlaksana dengan sukses," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.