Sukses

Usai Diresmikan, SV Undip Kini Punya Gedung Teaching Factory

Bangunan Teaching Factory ini untuk mendukung sistem Projects Based Learning dalam perkuliahan.

Liputan6.com, Semarang - Gedung teaching factory (Tefa), Sekolah Vokasi Undip diresmikan pemakaiannya oleh Rektor Prof Dr Yos Johan Utama. Peresmian dihadiri Dekan SV Undip Prof Dr Budiyono, Ketua Senat Akademi Prof Edy Rianto PhD, Ketua Dewan Profesor Prof Dr Purwanto, Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Prof Dr Suherman, para dekan di lingkungan Undip, wakil dekan, Kaprodi, Dosen, Tenaga kependidikan dan mahasiswa Sekolah Vokasi Undip.

Selain itu juga mengundang delegasi perusahaan yang menjadi mitra menjembatani kebutuhan industri terhadap lulusan dan produk bermanfaat dari dalam kampus.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Gedung Tefa SV Undip, Dr. Ir. Agung Dwiyanto, M.T, pembangunan menelan biaya Rp 20,1 Miliar.

"Terdiri dari bangunan laboratorium lima lantai dan workhsop satu lantai," katanya.

Didirikan di lahan 2.200 meter persegi dan mulai dibangun Juli 2023. Gedung ini akan menjadi fasilitas tambahan modern untuk mendukung perkuliahan.

Sebelumnya SV Undip juga menerima hibah fasilitas gedung dari PT Sinar Mas. Fasilitas tersebut dulu juga diresmikan oleh Rektor Yos Johan Utama 

Menurut Dekan Budiyono mahkota tertinggi Undip saat ini ditekankan pada mendidik mahasiswa agar bisa berdaya saing tinggi.

"Mereka harus cepat terserap di pasar kerja. Pertanyaannya untuk bisa mendapatkan mahkota tersebut secara fundamental apa yang harus dilakukan," kata Budiyono.

Jawabannya juga selama menempuh perkuliahan mahasiswa sudah diarahkan untuk bisa berdekatan dengan dunia usaha dan industri. Mereka ditempa melalui pendidikan sistem project based learning (PBL).

"Pengadaan dan penambahan fasilitas di SV untuk mendukung program PBL. Termasuk pembangunan baru gedung Tefa yang didukung oleh banyak perusahaan," katanya.

Nantinya fasilitas ini bisa dipakai semua mahasiswa untuk menjembatani pembuatan banyak produk yang presisi dan bisa diterima industri. SV juga telah memiliki program pemasaran digital/market place dengan nama domain vokamart.com.

Rektor Yos Johan menyampaikan apresiasi terhadap semua bentuk terobosan yang dibuat oleh SV.

"Ini adalah saksi bisu awal pembangunan Kampus Undip di kompleks Tembalang Semarang. Tentu saja banyak ruang dan gedung yang kini usianya sudah cukup lama," kata rektor.

Tetapi dengan berbagai akselerasi dan terobosan yang dibuat kini didirikan bangunan serbamodern untuk mendukung fasilitas perkuliahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.