Sukses

Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah 1445 H: Jadwal Mei 2024, Niat dan Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah 1445 H bertepatan dengan bulan Mei 2024. Bagi yang ingin melaksanakannya, muslim bisa mencatat jadwal puasa bulanan itu agar tidak terlewat.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, ada empat bulan yang dimuliakan, yakni Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Setiap memasuki asyhurul hurum atau bulan haram umat Islam dianjurkan meningkatkan amal saleh. 

Kini umat Islam sedang menginjak salah satu bulan haram, yakni Dzulqa’dah. Pada bulan ini muslim bisa meningkatkan amalan sholat, sedekah, atau puasa.

Jika ingin mengamalkan puasa pada bulan haram, muslim bisa mengerjakannya pada pertengahan bulan Dzulqa’dah. Puasa yang dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah ini dinamakan Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah 1445 H bertepatan dengan bulan Mei 2024. Bagi yang ingin melaksanakannya, muslim bisa mencatat jadwal puasa bulanan itu agar tidak terlewat.

Berikut ini jadwal puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah yang dilengkapi niat dan keutamaan bagi yang mengamalkannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah 1445 H

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Dzulqa’dah 1445 H ini berdasarkan kalender Hijriyah yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. 

  • Rabu, 22 Mei 2024 M/13 Dzulqa’dah 1445 H
  • Kamis, 23 Mei 2024 M/14 Dzulqa’dah 1445 H
  • Jumat, 24 Mei 2024 M/15 Dzulqa’dah 1445 H
3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut ini lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Sebagaimana puasa sunnah pada umumnya, waktu niat puasa Ayyamul Bidh sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal, posisi matahari condong ke barat. Dengan catatan, belum makan ataupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilakukan.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

Demikian penjelasan jadwal puasa Ayyamul Bidh Dzulqa'dah 1445 H di bulan Mei 2024 lengkap panduannya. Semoga pada waktunya kita bisa mengamalkan amalan sunnah ini. Aamiin. Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.