Sukses

2 Mei Hari Harry Potter Internasional, Potterhead Wajib Tahu Sejarahnya

Perayaan Hari Harry Potter Internasional berawal pada 2012.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap 2 Mei, penggemar Harry Potter yang dijuluki Potterhead akan merayakan Hari Harry Potter Internasional. Perayaan yang identik dengan kemeriahan ini sekaligus untuk menghormati kesuksesan seri sastra karya JK Rowling ini.

Mengutip dari berbagai sumber, perayaan Hari Harry Potter Internasional ini disampaikan oleh Perdana Menteri Britania Raya saat itu, David Cameron. Hal ini menandakan betapa populernya karya tersebut. Bahkan, sejak dirilis lebih dari satu dekade, karya sastra maupun film tersebut masih menjadi favorit banyak orang.

Perayaan Hari Harry Potter Internasional berawal pada 2012. Saat itu, Potterhead di seluruh dunia bersorak atas deklarasi David Cameron yang mengatakan bahwa 2 Mei akan selamanya dikenal sebagai Hari Harry Potter Internasional.

Hal ini tak lepas dari prestasi seri sastra penulis JK Rowling itu. Selain memberi dampak signifikan, bukunya juga berhasil memegang Guiness World Record sebagai seri dengan penjualan tertinggi oleh seorang penulis tunggal. Buku seri tersebut berhasil terjual lebih dari 500 juta eksemplar.

Terkait pemilihan 2 Mei sebagai Hari Harry Potter Internasional konon diambil dari hari ketika Pertempuran Hogwarts terjadi. Seperti diketahui, Pertempuran Hogwarts terjadi pada 2 Mei 1998.

Dalam pertempuran itu, Orde Phoenix terbukti menang. Banyak korban berjatuhan, termasuk Lord Voldemort.

Untuk memperingati Hari Harry Potter Sedunia, Potterhead akan mengadakan berbagai acara menarik di beberapa lokasi utama di seluruh Eropa, terutama tempat-tempat yang berhubungan dengan film tersebut. Berbagai acara juga digelar di beberapa lokasi yang menggunakan tema Harry Potter. Seperti diketahui, popularitas Harry Potter telah melahirkan taman hiburan, toko ritel, hingga berbagai barang dagangan yang berhubungan dengan Harry Potter.

Setelah 12 tahun lamanya, Cameron berharap Hari Harry Potter Internasional akan terus dirayakan. Dengan momen ini, semua orang di seluruh dunia akan mengingat karakter kuat dan berani dari Harry Potter serta mengingat jasa besar JK Rowling dalam dunia sastra.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini