Sukses

Serba Serbi Libur Lebaran, Warga Gorontalo Gelar Lomba Panjat Pinang

Para Pemuda di Desa Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo menggelar Gebyar Panjat Pinang dalam menyemarakkan perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Liputan6.com, Gorontalo - Para Pemuda di Desa Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo menggelar Gebyar Panjat Pinang dalam menyemarakkan perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Senin (13/4/2024).

Kegiatan yang digelar di Dusun II Lorong Pinang ini disambut antusias dari para warga. Pasalnya para pemenang lomba panjat pinang yang berhasil mencapai puncak bakal mendapatkan sejumlah hadiah, di antaranya perabot rumah tangga, hingga uang ratusan ribu rupiah.

Peserta yang mengikuti lomba ini tak hanya diikuti oleh orang dewasa. Akan tetapi agenda tahunan ini turut dimeriahkan oleh anak-anak yang mengikuti berbagai lomba lainnya. Selain lomba panjat Pinang, Rema muda desa Piloliyanga juga menggelar lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba menangkap bebek, lomba celup koin, hingga lomba mengupas kelapa oleh kaum ibu-ibu.

Ketua Panitia Pelaksana, Fatriansyah Djanihi mengatakan, lomba memeriahkan idul fitri ini setiap tahun digelar namun sempat terhenti akibat pandemi COVID-19. “Kegiatan ini sudah menjadi agenda setiap tahunnya dalam momentum lebaran sebagai hiburan bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Fatriansyah menambahkan Lomba ini juga digelar tak hanya sekedar untuk memberikan hiburan kepada masyarakat saat idul fitri, namun juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama.

"Saya kiri ini sebagai ajang silaturahmi antar warga. Warga senang saya lihat juga kekompakan mereka luar biasa," katanya.

Dirinya berharap, persatuan warga tidak hanya sampai pada kegiatan ini. Melainkan, kekompakan tersebut harus dibawa sampai ke kehidupan sosial bermasyarakat. "Kegiatan ini hanya sehari, tapi kekeluargaan dan persaudaraan kita adalah yang utama. Intinya, kita kebersamaan menandakan kekuatan," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.