Sukses

Getir, Anak Aktor Ternama India Kerap Ditolak saat Ikut Audisi

Babil Khan telah mulai membuat debutnya di industri film dalam film yang akan beredar di Netflix berjudul Qala.

Liputan6.com, Bandung - Putra mendiang aktor andal Bollywood Irrfan Khan yakni Babil Khan mengaku kerap ditolak saat mengikuti berbagai audisi.

Babil Khan bercerita, saat merintis masuk dunia film, dirinya harus berjuang keras seperti pendatang baru lainnya, yang bukan anak bintang.

"Saya rasa ibu saya (Produser Sutapa Sikdar) tidak akan pernah bisa mengangkat telepon dan meminta bantuan. Saya harus pergi sendiri, berjuang sendiri untuk mengikuti audisi, nahi ke aisi maar padegi ghar pe (kalau tidak saya akan dipukuli di rumah)," ujar Babil Khan dilansir Hindustan Times, dicuplik dari Bollywood Indonesia, Sabtu, 13 April 2024.

Babil Khan menampik anggapan bahwa anak-anak bintang akan sangat mudah untuk mengikuti jejak orang tua mereka untuk memaski dunia film, dunia yang telah dirintis orang tua mereka. Namun tentu, tidak semua anak bintang 'mudah' memasuki dunia Bollywood.

Babil Khan telah mulai membuat debutnya di industri film dalam film yang akan beredar di Netflix berjudul Qala.

"Bahkan sekarang, saya mengikuti audisi dan jujur, saya sering ditolak. Bahkan hari ini, jika ada audisi yang sangat ingin saya menangkan dan saya malah mengacaukannya, manager casting akan sangat marah kepada saya. Tapi dia tidak akan pernah mengangkat telepon. Itu bertentangan dengan nilai-nilai kita. Saya pikir orang-orang juga mengerti itu," kata Babil Khan.

Setelah berjuang keras, akhirnya putra pasangan mendiang aktor Irrfan Khan dan Produser-Penulis Sutapa Sikdar, mendapatkan peran yang diinginkannya.

Babil Khan mendapatkan peran di film debutnya Qala. Film disutradarai oleh Anvita Dutt, dan juga dibintangi oleh Tripti Dimri dan Swastika Mukherjee. Film ini berlatar-belakang kehidupan di industri film tahun 1940-an.

"Saya adalah orang yang ingin memberikan yang terbaik saat melakukan sesuatu. Kami syuting ini (Qala) dua tahun lalu. Saya telah tumbuh sebagai seorang aktor. Jadi, saya selalu bertanya-tanya 'Saya berharap saya akan melakukan ini atau itu'. Tetapi saya juga percaya bahwa seni apa pun yang Anda buat memiliki perjalanan sendiri dan Anda tidak dapat membawa ego Anda sendiri ke dalamnya," ucap Babil Khan.

Babil tahu harapan orang-orang terhadapnya, karena dia adalah putra aktor top dan handal, Irrfan Khan, yang namanya sangat populer, tak hanya di Bollywood, namun juga di Hollywood.

"Saya selalu membandingkan diri saya dengan warisan… Anda tahu, bhaar hai," tambah aktor lulusan dari University of Westminster, London, Inggris itu.

Babil Khan sendiri mengawali kariernya sebagai asisten Kameramen dalam film Qarib Qarib Singlle (2017), yang dibintangi sang ayah, Irrfan Khan.

Kemudian pada 2021, Babil juga pernah berakting dalam film pendek Inggris, berjudul The Mattress Man: A Yawn to Action (2021). Selain itu, dia juga bermain dalam film Bollywood berjudul The Railway Men, bersama aktor R Madhavan, Kay Kay Menon dan Divyendu Sharma. Film dirilis pada 2022.

"Seluruh pekerjaan Baba (ayah) selalu berhubungan dengan orang-orang. Dia tidak peduli dengan penghargaan, atau siapa yang memproduksi atau menyutradarainya. Dia hanya tahu, dia harus memainkan karakter ini dan dia akan menyenangkan orang-orang. Itu juga masuk ke dalam diri saya," sebut Babil saat mengingat kembali cara kerja ayahnya.

Namun untuk debutnya sebagai aktor utama, Babil Khan membuat debutnya dalam film Qala, yang telah dirilis streaming di Netflix 2 Desember 2022 lalu.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Babil Khan

Dicuplik dari Wikipedia, Babil Khan adalah seorang aktor India yang lahir pada 15 Mei 1998 di Mumbai, Maharashtra. Ia merupakan putra dari aktor terkenal, Irrfan Khan, dan penulis Sutapa Sikdar.

Sebelum memulai karir aktingnya, Babil bekerja sebagai asisten kamera di industri Bollywood. Debut aktingnya terjadi dalam film Bollywood berjudul "Qala" pada tahun 2022.

Ia juga berperan dalam miniseri "The Railway Men" pada tahun 2023. Kiprahnya di dunia perfilman dilansir laman IMBD, telah mendapatkan pujian dari para kritikus.

Babil Khan menyelesaikan pendidikannya di Tridha School, Mumbai, dan melanjutkan studinya di University of Westminster, London. Selain itu, ia juga tampil dalam video musik berjudul "Dastoor" yang dinyanyikan oleh Jasleen Royal pada tahun 2023.

Prestasi Babil Khan termasuk memenangkan penghargaan Zee Cine Awards untuk Debut Pria Terbaik atas perannya dalam film "Qala".

Ia juga dinominasikan sebagai Talent Breakthrough Pria Terbaik dalam Bollywood Hungama Style Icons Awards dan memenangkan Star Debut of the Year (Pria) dalam IIFA Awards.

Babil Khan adalah sosok yang menjanjikan dalam industri hiburan dan mewarisi bakat dari mendiang ayahnya, Irrfan Khan.

Sinopsis Film Qala

Dilansir dari laman Netflix, Qala adalah sebuah film drama asal India yang mengambil latar tahun 1930 di Kolkata.

Film ini berfokus pada tokoh Qala Manjushree (diperankan oleh Tripti Dimri), seorang penyanyi muda berbakat. Meskipun Qala memiliki kesuksesan sebagai penyanyi, dia dihantui oleh masa lalunya yang kelam.

Pola asuh keras yang dia terima dari ibunya saat kecil terus mengganggunya dan menghalangi langkahnya ke depan. Meskipun tampak baik-baik saja di luar, Qala hancur di dalam.

Dia berusaha mengatasi tekanan kesuksesan, kebencian ibunya, dan suara-suara keraguan dalam dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.