Sukses

Wahana Air dan Kuliner di Kabupaten Purwakarta Jadi Primadona Wisatawan Selama Libur Lebaran

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, masih jadi pilihan untuk mengisi liburan di momentum Lebaran 2024 ini.

Liputan6.com, Purwakarta - Sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Purwakarta, ternyata masih mengundang pesona bagi mereka yang doyan melancong. Terbukti, di momentum liburan Idul Fitri 1445 H ini kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi di daerah ini cukup mebludak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menuturkan, pihaknya bersyukur karena sampai saat ini daerahnya masih menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat secara luas. Dari pantauanya, kunjungan wisatawan yang paling banyak itu dari sektor wisata kuliner dan wisata dengan suguhan wahana air.

"Hasil monitoring kami, untuk kunjungan wisatan pada libur lebaran ini paling banyak itu dari wisata kuliner dan wisata air," ujar Norman, Sabtu (13/4/2024).

Norman memprediksi, jumlah kunjungan wisatawan ini akan kembali meningkat di akhir pekan ini, karena bertepatan dengan akhir liburan sekolah. Atas dasar itu pula, di momentum libur lebaran itu jajarannya juga mengintensifkan monitoring ke sejumlah lokasi wisata tersebut.

Norman mengaku, selama libur lebaran ini pihaknya juga mengintensifkan monitoring ke sejumlah lokasi wisata tersebut. Tujuannya, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung yang datang ke lokasi wisata di Kabupaten Purwakarta.

"Kami mengapresiasi, karena seluruh pengelola wisata yang ada ternyata juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya guna memberikan pelayanan terbaik untuk para pengunjungnya," tegas dia.

Norman menambahkan, di Kabupaten Purwakarta saat ini telah ditetapkan 62 destinasi wisata. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya merupakan lokasi wisata alam/buatan milik swasta. Selebihnya, adalah wisata religi dan kuliner.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Air Paling Diminati

Sementara itu, salah satu lokasi wisata yang terpantau sangat diminati pengunjung selama libur Lebaran ini yakni kawasan Anugerah Waterpark Bunder (AWB). Untuk lokasi wisata yang lebih menonjolkan wahana air ini berlokasi di Kampung Bunder, Desa Cibening, Kecamatan Bungursari.

Manajer Operasional Anugerah Waterpark Bunder (AWB), Mochamad Ramdan mengaku, pihaknya sangat bersyukur karena tempat wisata yang ia kelola ini menjadi salah satu pilihan para pelancong. Menurut dia, pengunjung yang datang ke kawasan ini, bukan hanya warga lokal tapi juga banyak di antaranya dari luar kabupaten.

"Para pengunjung yang ke AWB, tidak hanya datang secara mandiri atau sekeluarga, tapi juga banyak di antaranya datang secara rombongan dengan menggunakan beberapa bus," ujar Ramdan.

Ramdan menjelaskan, selama ini jumlah pengunjung yang datang ke AWB trennya cukup postif. Biasanya, kunjungan ke AWB meningkat di momentum liburan seperti sekarang ini.

Terkait fasilitas yang tersedia di AWB, Ramdan menjelaskan, yakni terdapat beberapa wahana air. Di antaranya, ada empat kolam renang berbagai ukuran dengan kedalaman bervariasi. Yakni, kolam khusus balita, kolam sport, kolam adventure dan kolam ombak.

Selain itu, juga ada beberapa kolam renang yang dilengkapi seluncuran panjang dan bisa dinikmati untuk mereka yang ingin menguji adrenalin. Selain seluncuran, di lokasi ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai keluarga.

"Di kita juga telah disiapkan area khusus flying fox dan sepeda gantung," jelas dia.

Sementara bagi mereka yang akan menggelar kegiatan secara massal, kata dia, di lokasi ini juga tersedia aula atau ruang rapat dengan kapasitas 100 orang disewa. Ada yang konsepnya indoor maupun outdoor. Kemudian, juga telah disiapkan minimarket untuk kebutuhan pengunjung.

Ramdan juga menjamin, jika destinasi wisata yang ia kelola ini ramah anak. Tak heran, jika selama ini wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut kebanyakan merupakan rombongan para pelajar. Tak hanya sekedar ingin menikmati wahana air, ada juga yang sekaligus menggelar kegiatan sekolah di lokasi ini.

"Kami juga siapkan fasilitas penunjang keselamatan. Di antaranya, menyiagakan petugas medis, lifeguard, medical tool, termasuk menyiapkan klinik di sekitar area wisata. Sehingga, jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa ditangani sesegera mungkin," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.