Sukses

Kebun Raya Bogor Perkenalkan Wahana Baru, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Kebun Raya Bogor baru-baru ini memperkenalkan wahana barunya yaitu "Taman Tumbuhan Quran". Wahana taman tersebut jadi destinasi yang patut dikunjungi terutama saat libur Lebaran.

Liputan6.com, Bandung - Kebun Raya Bogor baru-baru ini merilis sebuah wahana edukasi berupa taman baru yang dikenal dengan nama “Taman Tumbuhan Quran”. Melansir dari media sosial resmi Kebun Raya Bogor taman tersebut sudah diresmikan sejak Senin (8/4/2024) lalu.

Soft Launching Taman Tumbuhan Quran. Senin, 08 April 2024 telah dilaksanakan proses Soft Launching Taman Tumbuhan Quran yang berada di Kebun Raya Bogor,” tulis @kebunraya_id.

Wahana baru ini menjadi koleksi terbaru Kebun Raya Bogor yang mempunyai makna mendalam terutama bagi umat muslim. Diketahui tamannya dibuat berdasarkan inspirasi dari buku Plants of the Quran.

Melalui buku tersebut berisi tentang tumbuhan-tumbuhan yang disebut di dalam Al-Quran. Sehingga wahana atau taman ini menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga terutama memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan tersebut kepada anak.

Taman yang terinspirasi dari buku Plants of the Qur’an ini berisi tumbuhan-tumbuhan yang disebut di dalam Al-Quran,” ucapnya.

Pada saat pembukaan Taman Tumbuhan Quran acara prosesi pembukaan dimulai dengan sambutan oleh Managing Director Kebun Raya, Marga Anggrianto. Kemudian terdapat penanaman simbolis tumbuhan kurma yang diwakili oleh sejumlah tokoh.

Di antaranya Plt Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN Dr. Yan Rianto, Direktur Pengelolaan Koleksi Ilmiah BRIN Dr. Ratih Damayanti, dan Managing Director Kebun Raya Marga Anggrianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Hadirnya Taman Tumbuhan Quran

Project Manager Taman Tumbuhan Quran, Saniyatun Mar’atus Solihah menuturkan ada beberapa jenis tumbuhan yang disebutkan dalam Al Quran. Di antaranya Kurma, Bawang Merah, Bawang Putih, Zaitun, Anggur, Ara/Tin, Delima, dan lain-lain.

Diketahui konsep taman ini sudah ada sejak akhir Januari 2024 dan pengerjaannya sudah dilakukan sejak 14 Maret 2024. Ia menjelaskan kehadiran taman ini memiliki tujuan utama dalam mengedukasi pengunjung Kebun Raya Bogor.

Terutama untuk memberikan pengetahuan baru terkait jenis-jenis tumbuhan yang ada di dalam Al Quran. Kemudian mengetahui bagaimana penting dan manfaat tumbuhan tersebut untuk kehidupan sehari-hari.

“Ada lima jenis tumbuhan utama yang paling banyak disebut dalam Quran yang kami tanam di area utama, kelima jenis ini menandakan lima waktu salat dan jumlah 17 pohon yang menandakan jumlah rakaat,” kata Sani.

Selain tujuan tersebut kehadiran taman ini juga menjadi sebuah upaya dalam memaksimalkan area halaman masjid serta program edukasi Tour de Taman Tumbuhan Quran dan taman ini berdiri di lahan seluas 754,3 m2.

3 dari 4 halaman

Sarana Edukasi dan Tanaman dari Tumbuhan yang Adaptif

Seperti disebutkan sebelumnya taman ini memiliki lima tumbuhan utama yang paling banyak disebut dalam Al Quran. Di antaranya tumbuhan Ficus carica L. atau buah tin, Punica granatum L. atau delima, Vitis vinifera L. atau anggur.

Kemudian Phoenix dactylifera L. atau kurma dan Olea europaea L. atau olive/zaitun. Diketahui tumbuhan-tumbuhan yang dipilih untuk taman ini menggunakan tumbuhan yang adaptif di Indonesia.

Project Manager Taman Tumbuhan Quran, Saniyatun Mar’atus Solihah juga menyebutkan taman ini jadi sarana edukatif dengan konsep desain islamic center untuk memberikan edukasi dan pembinaan masyarakat tentang ilmu agama Islam.

“Konsep desain islamic center untuk mengedukasi dan pembinaan masyarakat mengenai ilmu agama Islam yang fungsinya memfasilitasi kebutuhan masyarakat muslim, beribadah, belajar, dan bermusyawarah,” ucapnya.

4 dari 4 halaman

Fasilitas di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor saat ini mempunyai banyak fasilitas wahana hingga taman yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Kemudian area taman yang luas membuat wisatawan bisa menikmati waktu berlibur dengan bersepeda atau bermain sekuter listrik.

Mengutip dari situs resminya fasilitas di Kebun Raya Bogor sudah bervariasi termasuk fasilitas penyewaan wahana seperti sepeda tandem, sepeda anak, golf car, e-bike, shuttle bus, e-scooter, sepeda keranjang, antelope e-bike, hingga MTB.

Para wisatawan juga bisa menghabiskan waktu dengan menikmati kuliner yang ada di Kebun Raya Bogor. Di antaranya tempat makan Resto Raasaa, Secret Garden, Kafe Walungan, Raffles Kafe, dan Stall Kolam Gunting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini