Sukses

Makna Mendalam di Balik Tradisi Mudik

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan setiap kali libur lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, tepatnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, jutaan orang di Indonesia memulai perjalanan yang khas dan sangat dinanti-nantikan, yaitu mudik. Mudik, atau pulang kampung, bukan sekadar sebuah perjalanan fisik menuju kampung halaman, tetapi juga merupakan sebuah ritual yang sarat makna dan simbolisme mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Orang-orang yang melakukan perjalanan pulang kampung tidak hanya melalui perjalanan fisik tapi juga merupakan perjalanan jiwa, sehingga mudik menjadi simbol ketenangan jiwa untuk kembali ke akar atau ke sumber.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Lembaga Seni dan Budaya PP. Muhammadiyah Kyai Khusen saat mengisi acara Inspirasi Ramadhan Edisi Sahur di kanal Youtube BKN PDI Perjuangan dengan Host Fahrudin, Kamis dini hari (4/4/2024).

Kyai yang populer dipanggil Kyai Cepu ini menjelaskan mudik merupakan bentuk uji coba eksistensi manusia karena harus melepaskan seluruh gelar-gelar yang mengikat dalam diri ketika pulang kampung. Misalnya, ketika di perantauan memiliki privilege maka saat pulang kampung hal tersebut hilang dengan sendirinya.

"Coba bayangin ketika kita di Jakarta memiliki kekuasaan penuh, tiba-tiba pulang kampung tidak ada yang hormati karena tidak ada yang kenal. Misalnya di sana rektor loh, nggak kenal rektor itu opo," ujarnya.

Menurutnya peristiwa tersebut bagi orang yang tidak mempersiapkan batinnya maka akan terluka. Sebab, mudik itu kembali ke akar atau ke sumber. Sementara apabila ada orang tidak pulang kampung tandanya ada peristiwa yang masih terluka dengan kampungnya.

"Begitu pula orang meninggal kan hatinya mesti tenang kan. Jadi seenak-enaknya mampir ke rumah teman yang bagus, tapi tetap enak pulang kan. Begitu pulang terjadi peristiwa ketenangan batin," ujarnya.

Ia menyampaikan mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Mudik ini juga menyiratkan tentang hubungan antara budaya dan agama yang mustahil dipisahkan karena menjadi satu kesatuan.

"Jadi, kalau tidak ada produk budaya, maka pelaksanaan agama tidak mungkin terjadi," katanya.

Pada kesempatan itu, Kyai Cepu menjelaskan mudik bukan termasuk bid’ah meskipun tidak ada di zaman Rasulullah dulu. Sebab, mudik masuk dalam kategori ibadah umum yang caranya, waktunya, jumlahnya, dan redaksinya tidak diatur oleh Allah SWT secara rigid, misalnya budaya, tradisi, dan teknologi.

"Mudik lebaran termasuk ibadah umum, jadi bisa ditambah dan dikurangi, nggak mudik tidak apa-apa. Berarti tidak termasuk bid’ah. Jadi, kalau ada yang mengatakan bid’ah karena di zaman nabi nggak ada, aduh, berarti wawasannya kurang luas," ia menambahkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini