Sukses

Hari Pesta Sedunia Diperingati Setiap 3 April, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Hari Pesta Sedunia merupakan perayaan yang diperingati pada 3 April setiap tahunnya. Berikut ini adalah sejarah perayaan dan inspirasi untuk merayakannya.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini, masyarakat di seluruh dunia tengah merayakan Hari Pesta Sedunia atau World Party Day yang jatuh pada tanggal 3 April setiap tahunnya. Diketahui perayaan ini untuk mengingatkan seseorang dalam menikmati hari dengan berbagai kebahagiaan.

Melansir dari National Today merayakan Hari Pesta Sedunia bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Misalnya mendengarkan lagu, berjalan-jalan dengan teman atau keluarga, atau kegiatan seru lainnya.

Peringatan ini mempunyai tujuan untuk membuat seseorang bisa merayakan kebahagiaan dengan cara mereka masing-masing. Tentunya untuk membawa kegembiraan tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga orang lain.

Jika seseorang lebih suka berdiam di rumah dan menikmati waktu santainya hal tersebut juga masih termasuk merayakan Hari Pesta Sedunia. Mengutip dari Days of the Year Hari Pesta Sedunia bisa dirayakan dengan tema tertentu yang disukai.

Kemudian dengan berbagai macam cara yang diinginkan termasuk merayakan pesta ulang tahun atau pesta pernikahan pada tanggal tersebut. Perayaan Hari Pesta Sedunia juga tidak terkait dengan koneksi politik atau agama apa pun.

Semua orang bisa ikut serta untuk merayakan peringatan tersebut dan menjadi pengingat bahwa dalam bersenang-senang tidak ada batasan. Kita bisa bersenang-senang sendirian, bersama teman, keluarga, atau hewan peliharaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Pesta Sedunia

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber Hari Pesta Sedunia terinspirasi dari novel bertajuk “Flight: A Quantum Fiction Novel”. Buku tersebut merupakan karya penulis Amerika, Vanna Bonta.

Novel yang terbit di tahun 1995 ini mempunyai akhir yang merujuk pada peringatan pesta besar. Kemudian peringatan Hari Pesta Sedunia tidak dikaitkan dengan hubungan agama atau politik apa pun.

Artinya semua orang bisa merayakan Hari Pesta Sedunia dan menjadi pengingat bahwa berpesta merupakan hak universal atas kesenangan, kedamaian, dan kehidupan. Perayaan ini juga bisa dilakukan dengan siapa pun termasuk diri sendiri, teman, keluarga, atau hewan peliharaan.

Semua orang bisa merayakan Hari Pesta Sedunia dengan caranya masing-masing dan tentunya untuk membawa rasa kebahagiaan di antara mereka. Diketahui perayaan Hari Pesta Sedunia pertama kali dirayakan pada 3 April 1996 setelah perilisan novel Vanna Bonta.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Pesta Sedunia

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Pesta Sedunia:

1. Menghabiskan waktu melakukan hal yang disukai

Hal pertama yang tentunya bisa dilakukan oleh semua orang adalah menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang disukai. Ketika seseorang melakukan kegiatan yang mereka sukai akan menimbulkan rasa bahagia yang tak terlupakan.

Kegiatan yang dilakukan pun bisa bermacam-macam misalnya menghabiskan waktu di rumah sambil menonton film favorit atau bermain bersama hewan peliharaan. Kemudian bisa dengan memasak atau melakukan kegiatan lainnya yang membuat kamu senang.

Menghabiskan waktu dengan hal-hal yang disukai juga bisa dilakukan tidak hanya sendiri tetapi bersama orang lain yang terkasih. Misalnya bersama saudara, keluarga, teman atau bahkan pasangan.

2. Mengikuti festival kuliner yang disukai.

Kegiatan kedua yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Pesta Sedunia bisa dengan menjelajahi kuliner menarik yang disukai. Mengisi tubuh dengan makanan nikmat tentunya bisa menimbulkan rasa bahagia.

Festival kuliner sendiri biasanya digelar pada beberapa tempat atau di Indonesia saat ini biasanya digelar di mall yang ada di sekitar. Pada momen bulan puasa seperti ini ada beberapa tempat yang menyajikan bazaar kuliner yang bisa menggugah selera.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Pesta Sedunia Berikutnya

3. Menghadiri acara konser musik artis favorit

Menghadiri acara konser musik khususnya konser dari artis favorit bisa menjadi cara untuk merayakan Hari Pesta Sedunia. Pasalnya menikmati pertunjukan musik menjadi momen untuk merasakan kebahagiaan yang tak terlupakan.

Terutama jika kamu merupakan penggemar musik yang senang mengetahui berbagai genre dan budaya berbeda. Biasanya ada konser-konser musik yang memperkenalkan musisi lokal menarik.

4. Mengikuti kegiatan amal dan sosial

Cara keempat dalam merayakan Hari Pesta Sedunia adalah mengikuti kegiatan amal dan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Kegiatan ini tidak hanya membantu banyak orang tetapi juga bisa memberikan rasa bahagia kepada diri seseorang.

Kegiatan amal dan sosial memiliki tujuan dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Melakukan kegiatan ini juga membuka mata kita terhadap isu sosial atau lebih meningkatkan rasa empati kepada sekitar.

Ada banyak kegiatan amal dan sosial yang bisa dilakukan misalnya berbagi makanan, melakukan penggalangan dana, bekerja sukarela dengan komunitas lokal atau global, dan masih banyak kegiatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini