Sukses

BI Siapkan Rp 2 Triliun untuk Lebaran Kepri

Masyarakat bisa menukarkan uangnya mulai 15 Maret-5April 2024.

Liputan6.com, Batam - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri menggelar Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang kartal. Kegiatan ini juga melayani layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri 1445 H di Provinsi Kepri.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono menyebut bahwa Serambi Ramadan merupakan bentuk kontribusi BI menyambut peringatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI.

"Dengan mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah", SERAMBI 2024 juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berbelanja secara bijak," kata Suryono saat melepas armada layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan, di Kantor BI Kepri, Batam Rabu (20/3/24).

Menurutnya, selama periode Ramadan dan Idulfitri 2024, kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi Rp197,6 triliun, naik 4,65% dibandingkan realisasi tahun 2023, Rp188,8 triliun. 

Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, BI melayani penukaran di 449 titik dan layanan penukaran di 4.264 kantor bank/titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk wilayah Kepri, BI Kepri memperkirakan kebutuhan uang kartal di 7 (tujuh) kab/kota selama bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 H Rp2 triliun," kata Suryono.

Kebutuhan tersebut meningkat 5,3 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar Rp1,9 triliun.

Peningkatan ini memperhitungkan angka asumsi makro, tren realisasi tahun-tahun sebelumnya secara historis, pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, serta peningkatan mobilitas masyarakat. 

"Kebutuhan tersebut akan dipenuhi melalui layanan Kas Keliling BI, layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan, serta layanan penukaran di 147 titik loket perbankan di seluruh wilayah Kepri," kata Suryono.

Masyarakat Kepri dapat mengakses layanan tersebut mulai tanggal 15 Maret 2023 hingga 5 April 2024. Untuk mengetahui informasi jadwal layanan Kas Keliling BI dan tatacara penukaran uang, masyarakat dapat mengakses tautan https://pintar.bi.go.id.

Suryono meminta masyarakat menukarkan uang di tempat-tempat penukaran resmi, yaitu di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Kepri, Kas Keliling BI, maupun pada layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.