Sukses

Ada 88 Lokasi Rawan Bencana Alam, PT KA Bandung Lakukan Pemantauan Khusus

45 titik longsor, 11 titik banjir, 19 titik amblesan atau tanah labil, dan 13 titik bangunan hikmat rawan.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 88 lokasi rawan bencana telah terdekteksi di jalur kereta api (KA) di wilalayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung.

Menurut Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, rincian lokasi rawan bencana alam itu terdiri dari 45 titik longsor, 11 titik banjir, 19 titik amblesan atau tanah labil, dan 13 titik bangunan hikmat (jembatan kereta api, terowongan, dan lain-lain) rawan.

"Mengingat masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 akan ada perjalanan 164 KA dengan rincian KA Antar Kota sebanyak 44 KA, KA Perkotaan sebanyak 6 KA, KA Tambahan Lebaran sebanyak 14 KA, KA Feeder KCJB sebanyak 44 dan KA Perkotaan KAI Commuter sebanyak 56 KA. Kami melakukan upaya-upaya pencegahan potensi gangguan perjalanan KA," ujar Takdir dalam keterangannya ditulis Bandung, Selasa, 19 Maret 2024.

Penetapan masa Angkutan Lebaran tahun 2024 di jawatan kereta api yakni selama 22 hari, mulai 31 Maret-21 April 2024.

Untuk memastikan prasarana siap dilewati oleh seluruh rangkaian KA, PT KAI Daop 2 Bandung diakui oleh Takdir telah siaga dengan memetakan daerah pemantauan khusus di lintas wilayah kerjanya.

"PT KAI Daop 2 Bandung sendiri melakukan berbagai upaya untuk mendukung masa angkutan Lebaran Tahun 2024 berjalan aman dan lancar antara lain pencegahan bencana banjir dengan melakukan normalisasi saluran jalan kereta api dari tumpukan sampah, sedimen (pendangkalan saluran), perkuatan tubuh jalan KA dengan pancangan dari rel bekas dan bronjong," kata Takdir.

Langkah selanjutnya ungkap Takdir, juga dilakukan penanaman pohon akar wangi sejumlah 5.000 pohon untuk mencegah longsor, serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 14 titik yaitu di Stasiun Cibungur, Purwakarta, Cibeber, Rendeh, Padalarang, Cimahi, Bandung, Kiaracondong, Cicalengka, Cibatu, Ciawi, Tasikmalaya dan Banjar.

AMUS disiapkan untuk mengantisipasi banjir dan ambles di titik Dapsus. AMUS sendiri merupakan alat bantu darurat yang terdiri dari batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel dan alat siaga lainnya. Persiapan tersebut untuk tindakan cepat ketika terjadi gangguan.

"Kami juga menerjunkan petugas dari Daop 2 Bandung untuk melakukan pemantauan di lokasi Dapsus sebanyak 32 petugas dan menambah Petugas Penilik Jalur (PPJ) ekstra sebanyak 60 petugas," ungkap Takdir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen KAI

Sebelumnya pada 18 Maret 2024 menerbitkan siaran media soal, komitmen PT KAI menghadirkan Angkutan Lebaran melalui kereta api yang menyenangkan, sehingga pelanggan memiliki kesan yang penuh makna.

Hal ini sesuai dengan slogan yang telah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) luncurkan untuk Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni 'Mudik Ceria, Penuh Makna'.

"KAI terus meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api untuk mudik dan balik. Di samping itu, kami juga mengintensifkan koordinasi dengan seluruh stakeholder jelang angkutan Lebaran 2024," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dicuplik dari laman PT KAI.

Joni menuturkan guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran ini, KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub telah melaksanakan Ramp Check atau Inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik sarana perkeretaapian maupun stasiun di seluruh wilayah kerja KAI.

Sebelum terlaksananya Angkutan Lebaran, jajaran Komisaris dan Direksi KAI bersama dengan stakeholders juga melaksanakan kegiatan inspeksi bersama dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi.

"Di samping itu, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran, KAI menempatkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit, dan crane pada titik yang ditentukan. Serta meningkatkan pengawasan, safety talk, inspeksi, walkthrough, dan lain-lain," ungkap Joni.

Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan pada periode Angkutan Lebaran 2024, KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan sebanyak 150 orang di 33 stasiun serta 728 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta.

"Untuk semakin memberikan kesan momen Lebaran, KAI juga akan memberikan promo tiket, doorprize dan merchandise for Kids, serta menghadirkan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api. Kami berharap, perjalanan kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna," kata Joni.

Berdasarkan pantauan data pada Senin (18/3) pkl 10.00, tiket KA Jarak Menengah/Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 1.526.012 tiket atau 47% dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.252.471 tiket. Jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

KA-KA Jarak Menengah atau Jauh favorit untuk periode Angkutan Lebaran sebagai berikut:

1. KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi (PP)

2. KA Bengawan relasi Pasarsenen - Purwosari (PP)

3. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang (PP)

4. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar (PP)

5. KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng (PP)

6. KA Matarmaja relasi Pasarsenen - Malang (PP)

7. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen - Surabaya Pasarturi (PP)

8. KA Jayakarta relasi Pasarsenen - Surabaya Gubeng (PP)

9. KA Logawa relasi Purwokerto - Jember (PP)

10. KA Progo relasi Pasarsenen - Lempuyangan (PP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.