Sukses

5 Amalan Sesuai Sunah Rasulullah pada Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar berada pada sepuluh malam terakhir pada malam-malam ganjil di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan keutamaan dalam agama Islam. Rasulullah SAW telah memberikan beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam tersebut.

Malam Lailatul Qadar berada pada sepuluh malam terakhir pada malam-malam ganjil di bulan Ramadan.

Penjelasan tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

"Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan." (HR Bukhari).

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa amalan yang dapat anda kerjakan sesuai sunnah Rasulullah SAW pada malam Lailatul Qadar:

1. Itikaf

Itikaf merupakan amalan ibadah yang dilakukan di masjid pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Maksudnya di sini yaitu mengisolasi diri di dalam masjid serta berfokus mengerjakan ibadah wajib dan sunnah.

Tidak ada waktu tertentu dalam pelaksanaan itikaf, namun utamanya dikerjakan mulai dari sebelum matahari terbenam di malam ke-20 atau ke-21 hingga sebelum sholat Idul Fitri.

2. Menghadiri Salat Berjamaah

Imam Syafi'i dalam Latha-if Al-Ma'arif pernah berkata, orang yang menghadiri salat Isya dan Subuh berjamaah sudah termasuk dalam bagian orang-orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Ia berkata,

مَنْ شَهِدَ العِشَاءَ وَ الصُّبْحَ لَيْلَةَ القَدْرِ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظِّهِ مِنْهَا

"Siapa yang menghadiri salat Isya dan sholat Subuh pada malam Lailatul Qadar maka ia telah mengambil bagian dari malam tersebut."

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tilawah Al-Quran

Amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar adalah membaca alquran. Anda juga dianjurkan untuk membaca surat Al-Qadr pada malam itu.

Berdasarkan sebuah hadis, saat Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadr, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadan dan menghidupkan malam Al-Qadr.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613).

4. Membaca Doa Lailatul Qadar

Saat malam Lailatul Qadar, amalan sunnah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membaca doa Lailatul Qadar. Doa Lailatul Qadar mengusung permohonan agar mendapat keselamatan dunia dan akhirat.

Berikut doanya:

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annī ('annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf.

5. Bersedekah

Terakhir, anda dapat menyempurnakan amalan malam Lailatul Qadar dengan bersedekah. Rasulullah SAW bersabda dari Abu Hurairah RA :

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Artinya: Nabi SAW bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadan." (HR Tirmidzi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.