Sukses

Danau Ranau: Daya Tarik dan Ragam Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan

Danau Ranau dikenal sebagai danau terbesar kedua di Pulau Sumatra. Berikut ini adalah daya tarik dan aktivitas wisata di Danau Ranau.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam memesona di setiap penjurunya. Salah satu wisata alam di Indonesia yang masih menjadi destinasi favorit masyarakat lokal adalah berwisata ke danau.

Banyaknya danau di Indonesia tentu membuat banyak orang kebingungan memilih tempat yang akan mereka tuju. Misalnya saja, pada urutan nomor satu danau terbesar di Indonesia jatuh pada Danau Toba.

Namun tahukah kamu bahwa di provinsi yang sama ada danau yang memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan Danau Toba. Danau tersebut dikenal dengan nama Danau Ranau yang berada di perbatasan Sumatra Selatan dan Lampung.

Danau ini menjadi danau kedua terbesar di Pulau Sumatra dengan luas sekitar 125,9 kilometer persegi. Pemandangannya pun tidak kalah mempesona dan memiliki udara yang sejuk yang menenangkan.

Danau Ranau berlokasi di ketinggian 540 mdpl dan memiliki kedalaman maksimal sekitar 229 meter. Danau ini menjadi habitat sejumlah ikan seperti ikan nila, sapu-sapu, nilem, sepatung, baung tageh, dan lain-lain.

Melansir dari situs resmi Giwang Provinsi Sumatra Selatan, Danau Ranau tercipta dari ledakan vulkanik gunung berapi yang membentuk cekungan besar. Kemudian memiliki topografi berbukit dan juga lembah sehingga cuaca di sekitar danaunya sejuk dan segar.

Di tengah danau tersebut, terdapat pulau Marisa dan di sisi Gunung Seminung terdapat kolam air panas yang menjadi destinasi wisata pengunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Danau Ranau

Melansir dari beberapa sumber, Danau Ranau berlokasi di dua Provinsi yaitu Sumatra Selatan dan Lampung. Biasanya wisatawan lebih sering berkunjung menikmati danau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatra Selatan.

Diketahui, pada akhir tahun 2023 Danau Ranau mempunyai jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung bisa membayar tarif tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang dan cocok dikunjungi pada waktu sore hari.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Ranau dari pusat kota Bandar Lampung bisa menggunakan jalur menuju ke Terbanggi Besar. Kemudian ke Kotabumi melalui jalan Lintas Sumatra.

Perjalanan dari Bandar Lampung ke Kotabumi menempuh waktu sekitar 3 jam dan dari Kotabumi mengambil arah ke Cahaya Negeri. Setelahnya bisa mengikuti jalan hingga ke Simpang Tiga Bukit Kemuning dan mengambil jalur kiri.

Ketika memasuki Jalan Lintas Liwa wisatawan bisa mengikuti jalan hingga masuk ke Kota Liwa, Ibu kota Lampung Barat. Setelahnya bisa menuju ke Batu, Ogan Komering Ulu Selatan yang menempuh jarak sekitar 23 km atau sekitar 1 jam perjalanan ke Danau Ranau dari Bandar Lampung.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik

Danau Ranau mempunyai lokasi di perbatasan antara Provinsi Sumatra dan Provinsi Lampung. Tepatnya di perbatasan Kabupaten Ogan Komerling Ulu (OKU) di Sumatra Selatan dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Sehingga, sebagian wilayah danaunya termasuk di wilayah Sumatra Selatan dan wilayah Lampung. Danau ini memiliki daya tarik pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk.

Udara sejuk tersebut karena topografi di kawasan Danau Ranau terdiri dari perbukitan yang berlembah sehingga udara di sekitarnya terasa sejuk. Danau ini menarik wisatawan karena menyuguhkan pesona danau dengan panorama Gunung Seminung.

Danau Ranau juga memiliki air yang biru dan terdapat sebuah Pulau kecil di tengah danau yaitu Pulau Marisa. Pulau ini juga memiliki pemandian air panas yang mengandung sulfur yang menyehatkan kulit.

Kemudian terdapat sebuah pantai di Danau Ranau bernama Pantai Bidadari yang lokasinya di Tepi Danau Ranau Kecamatan banding Agung dengan pasir pantai berwarna putih. Wisatawan juga bisa menikmati pesona air terjun di Air Terjun Subik Tuha.

4 dari 4 halaman

Aktivitas

Para wisatawan bisa menikmati pesona indah Danau Ranau dengan melakukan sejumlah aktivitas menarik. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung ketika berwisata ke Danau Ranau:

1. Berfoto dan menikmati pemandangan

Danau Ranau mempunyai pemandangan alam yang mempesona karena menyajikan air jernih dengan panorama Gunung Seminung. Sehingga pengunjung bisa berfoto-foto di sejumlah spot instagramable atau sekedar menikmati pemandangan sambil berjalan-jalan santai.

2. Bermain wahana air

Pengunjung yang berwisata ke Danau Ranau bisa menikmati sejumlah wahana air yang ada di sekitarnya. Misalnya menaiki perahu untuk berkeliling melihat pemandangan di sekitar danau.

Namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang ke tengah danau karena memiliki kedalaman sekitar 228 meter. Sehingga pengunjung hanya diperbolehkan bermain air di pinggir atau tepi danau saja.

3. Berendam di pemandian air panas

Danau Ranau mempunyai tempat pemandian air panas yang berada di kaki Gunung Seminung. Sehingga para wisatawan bisa bersantai dan melepas penat sambil berendam di air panas tersebut.

Pengunjung juga bisa mendatangi Pulau Marisa yang ada di tengah-tengah Danau ranau. Pulau ini juga memiliki sumber air panas yang akan terasa hawanya dari dalam Pulau Marisa tersebut.

4. Menikmati air terjun

Kawasan Danau Ranau memiliki wisata alam air terjun yang memukau dan tidak jauh dari lokasi pemandian air panas. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Subik Tuha dan mempunyai ketinggian sekitar 25 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.