Sukses

Cara Unik Polda Sumut Ajak Tertib Lalu Lintas, Terbangkan Balon Isi Kupon Berhadiah Sapi

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar gebyar keselamatan berlalu lintas dengan menerbangkan balon berisi kupon doorprize berhadiah 3 ekor sapi, Rabu, 13 Maret 2023.

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar gebyar keselamatan berlalu lintas dengan menerbangkan balon berisi kupon doorprize berhadiah 3 ekor sapi, Rabu, 13 Maret 2023.

Bagi warga yang beruntung menemukan balon, lalu mendapati kupon di dalamnya, dapat mendatangi Direktorat (Dit) Lalu Lintas Polda Sumut, Jalan Putri Hijau, Kota Medan, atau menghubungi Kompol Septian 0811-2992-010 untuk menukar kupon dengan hadiah sapi.

"Balon yang diterbangkan berisi hadiah itu untuk mengajak masyarakat agar selalu tertib mematuhi aturan berlalu lintas saat berkendara di jalan raya," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (13/3/2024).

Diterangkan Kapolda, angka kecelakaan lalu lintas di Sumut cukup tinggi. Sedikitnya ada 4 orang setiap harinya yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Sumut. Polda Sumut mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas.

"Kita menggelar Operasi Keselamatan Toba 2024 dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas di Sumut," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi Keselamatan Toba 2024

Polda Sumut dan jajaran secara serentak menggelar Operasi Keselamatan Toba 2024 selama 14 hari, terhitung sejak 12 Maret hingga 25 Maret 2024.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan," terang Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Diungkapkan Kapolda Agung, keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran (kamseltibcar) sangat diharapkan dan dibutuhkan masyarakat selaku pengguna jalan raya.

"Kenyataannya, berbagai persoalan baik itu pelanggaran maupun kecelakaan yang disebabkan beberapa hal, termasuk kelalaian masyarakat itu sendiri atau human eror," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Pada 2023 angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 6.739, terjadi peningkatan 4,2 persen. Sedangkan penindakan pelanggaran lalu lintas selama 2023 sebanyak 29.770 kasus.

Untuk meningkatkan kelancaran berlalu lintas (carlantas) di wilayah Polda Sumut selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri diselenggarakan Operasi Keselamatan Toba 2024.

Selain meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman nyaman menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Target operasi ini keselamatan masyarakat pengguna jalan, keamanan kendaraan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan kamseltibcar lantas," Kapolda menerangkan.

4 dari 4 halaman

Kerahkan 1.906 Personel

Dalam kegiatan ini 1.906 personel dikerahkan, terdiri Satgas Polda Sumut sebanyak 100 personel, dan Satgas Polres jajaran sebanyak 180 personel.

Operasi Keselamatan Toba 2024 bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan keterlibatan masyarakat pada bidang lalu lintas, yang mengedepankan kegiatan preventif

"Indikator dari keberhasilan pelaksanaan operasi ini, antara lain meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka kecelakaan dan tingkat fatalitas pada kecelakaan lalu lintas," Kapolda Agung menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.