Sukses

Deretan Film Netflix yang Masuk Nominasi Piala Oscar 2024

Selain film Rustin, American Symphony, dan Nimona, berikut deretan film Netflix nominasi Piala Oscar 2024

Liputan6.com, Yogyakarta - The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengumumkan daftar lengkap nominasi Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024. Dari 23 kategori, ada beberapa film Netflix yang masuk ke daftar nominasi.

Beberapa film Netflix tersebut adalah Rustin yang masuk nominasi kategori Best Actor melalui Colman Domingo. Selain itu ada juga film American Symphony yang masuk nominasi kategori Best Original Song melalui lagu It Never Went Away.

Ada pula film Nimona yang masuk nominasi untuk kategori Best Animated Picture. Selain film Rustin, American Symphony, dan Nimona, berikut deretan film Netflix nominasi Piala Oscar 2024:

1. Maestro (7 nominasi)

Film Maestro dirilis di Netflix pada 20 Desember 2023, setelah sebelumnya tayang di bioskop pada 22 November 2023. Dalam film ini, Bradley Cooper bertindak sebagai sutradar, aktor, sekaligus penulis dengan dibantu oleh rekan kerjanya Josh Singer.

Selain Bradley Cooper, film ini juga dibintangi oleh Carey Mulligan, Matt Bomer, Maya Hawke, Sarah Silverman, Sam Nivols, Josh Hamilton, Scott Ellis, Gideon Glick, Alexa Swinton, dan Miriam Shor. Dalam Piala Oscar 2024, film ini masuk di tujuh nominasi, yaitu kategori Best Picture, Best Actor (Bradley Cooper), Best Actress (Carey Mulligan), Best Original Screenplay, Best Cinematography, Best Sound, dan Best Makeup and Hairstyling.

2. NYAD (2 nominasi)

NYAD adalah film biografi olahraga karya sutradara Elizabeth Chai Vasarhelyi dan Jimmy Chin. Film ini ditulis oleh Julia Cox dan dibintangi Annette Bening yang sudah empat kali masuk nominasi Academy Awards.

Film NYAD menggambarkan fase yang luar biasa dalam hidup Diana Nyad, seorang atlet kelas dunia. Dalam usianya yang menginjak 60 tahun, Diana menjadi terobsesi untuk menyelesaikan pencapaian luar biasa, yakni berenang sejauh 110 mil dari Kuba ke Florida.

Film berdurasi 2 jam ini telah dirilis sejak 20 Oktober 2023. Dalam Piala Oscar 2024, film ini mengantongi tempat di dua nominasi, yaitu Kategori Best Actress (Annette Bening) dan Best Supporting Actress: (Jodie Foster).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Society of the Snow

3. Society of the Snow (2 nominasi)

Society of The Snow merupakan film drama petualangan karya sutradara J.A. Bayona. Film ini bisa dinikmati di platform streaming Netflix sejak 4 Januari 2024.

Film Society of The Snow terinspirasi dari kisah nyata tragis tentang kecelakaan pesawat di Uruguay pada 1972. Film ini berdurasi 2 jam 24 menit. Dalam Piala Oscar 2024, film Society of the Snow masuk di dua kategori, yaitu Best International Feature Film dan Best Makeup and Hairstyling.

4. El Conde (1 nominasi)

El Conde adalah film komedi horor yang dirilis di Netflix pada 15 September 2023. Film ini terinspirasi dari mantan presiden dan diktator Chili, Augusto Pinochet, yang merebut kekuasaan dalam kudeta militer dan berkuasa di sepanjang 1973 hingga 1990.
Film ini disutradarai oleh Pablo Larrain. Film ini masuk nominasi Best Cinematography Piala Oscar 2024 dan harus bersaing dengan Killers of the Flower Moon, Maestro, Oppenheimer, dan Poor Things.

5. The After (1 nominasi)

The After adalah film drama pendek yang hanya berdurasi 18 menit. Film ini bercerita tentang perjuangan seorang pria untuk berdamai dengan luka batin akibat kehilangan.

Film The After disutradarai oleh Misan Harriman dan dibintangi oleh David Oyelowo, Jessica Plummer, dan beberapa nama lainnya. Tayang pada 10 Agustus 2023, film ini berhasil masuk dalam nominasi Best Live Action Short Film Piala Oscar 2024.

6. The Wonderful Story of Henry Sugar (1 nominasi)

Sama seperti The After, The Wonderful Story of Henry Sugar juga merupakan film pendek berdurasi 39 menit. Film ini dirilis di Netflix pada 27 September 2023.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul The Wonderful Story of Henry Sugar and Six More karya Roald Dahl yang terbit pada 1977. Bergenre petualangan, komedi, dan drama, film karya sutradara Wes Anderson ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Ralph Fiennes, dan Ben Kingsley.

Dalam Piala Oscar 2024, film ini masuk nominasi Best Live Action Short Film dan bersaing ketat dengan The After.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.