Sukses

Wisata Alam di Kabupaten Purwakarta yang Cocok untuk Acara Botram Munggahan

Sejumlah lokasi wisata alam di Kabupaten Purwakarta, ternyata sangat cocok dijadikan tempat untuk mereka yang hendak menggelar botram Munggahan.

Liputan6.com, Purwakarta Munggahan, sampai saat ini masih menjadi salah satu tradisi masyarakat khususnya di Jawa Barat untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Umumnya, kegiatan yang dilakukan itu hanya sekedar berkumpul bersama kerabat sembari makan (botram) di suatu tempat.

Selain rumah makan, lokasi wisata biasanya menjadi tujuan mereka untuk berkumpul di momen Munggahan itu. Bagi masyarakat yang hendak menggelar tradisi munggahan di luar rumah, mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menuturkan, di wilayahnya ada banyak tempat yang di rekomendasikan, baik untuk acara makan-makan atau berkumpul dengan kerabat dekat di momentum munggahan nanti.

"Selama ini, memang banyak tempat wisata alam yang kerap dijadikan lokasi munggahan oleh masyarakat," ujar Norman kepada Liputan6.com, Rabu (6/3/2024).

Norman pun mempersilahkan masyarakat secara luas jika ingin menggelar kegiatan munggahan di Kabupaten Purwakarta. Apalagi, di wilayahnya ini terdapat banyak tempat indah yang cocok untuk dijadikan lokasi munggahan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berburu Kuliner Sambil Berwisata

Menurut Norman, di momen Munggahan memang ada beberapa lokasi wisata di wilayahnya yang selalu disesaki pelancong. Biasanya, para pengunjung ini berburu kuliner khas untuk makan bersama sembari menikmati keindahan alam.

"Kalau untuk makan saja, di kita juga cukup banyak wisata kuliner. Ada Sate Maranggi Cibungur, Bakakak Cirangkong, warung segala pepes di Jatiluhur, dan Kampung Maranggi di Kecamatan Plered," kata Norman.

Sedangkan, lanjut dia, bagi mereka yang ingin Botram sekaligus berwisata bisa menjajal datang ke beberapa wisata alam yang ada di wilayahnya ini. Di antaranya, kawasan Waduk Jatiluhur, Parang Gombong, kawasan wisata alam ujung aspal di Kecamatan Kiarapedes, serta kawasan Situ Kahuripan Wanayasa.

"Di lokasi wisata alam tersebut juga terdapat beberapa kuliner khas yang bisa dicicipi, jadi menurut kami sangat cocok untuk dijadikan lokasi munggahan," tambah dia.

Dia berharap, masyarakat khususnya yang dari Kabupaten Purwakarta sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk menikmati momen munggahan. Karena, di wilayannya ini juga terdapat banyak lokasi yang bisa dikunjungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.