Sukses

Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Daerah di Bolmong, Warga Beri Apresiasi

Peresmian IJD di Kabupaten Bolaang Mongondow diharapkan menjadi satu langkah dalam perbaikan infrastruktur jalan di seluruh Provinsi Sulut. Dengan diresmikannya proyek ini, diharapkan konektivitas dan aksesibilitas di Sulut akan makin baik.

Liputan6.com, Bolmong - Presiden Joko Widodo pada Jumat (23/2/2024), meresmikan pelaksanaan Instruksi Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Bolmong, Sulut. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat dalam memperbaiki infrastruktur jalan dan meningkatkan konektivitas antarwilayah di provinsi tersebut.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp183 miliar dari APBN tahun 2023 untuk pembangunan dan perbaikan sembilan ruas jalan dengan total panjang mencapai 59 kilometer.

“Untuk tahun 2024 akan diberikan lagi, sehingga jalan-jalan di Provinsi Sulut semuanya bagus, semuanya mulus,” ujar Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, investasi itu diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas jalan, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal dan mempercepat distribusi barang dan jasa di wilayah tersebut. Peningkatan infrastruktur jalan juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Sulut.

“Pemerintah akan terus mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur di tahun 2024, sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut,” papar Presiden Jokowi.

Peresmian IJD di Kabupaten Bolaang Mongondow diharapkan menjadi satu langkah dalam perbaikan infrastruktur jalan di seluruh Provinsi Sulut. Dengan diresmikannya proyek ini, diharapkan konektivitas dan aksesibilitas di Sulut akan makin baik.

“Ini sekaligus membuka peluang lebih luas bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Warga setempat menyampaikan apresiasi mereka kepada pemerintahan Jokowi yang sudah membangun infrastruktur di daerah tersebut. Hal ini memudahkan mereka terutama aspek transportasi dan akses lainnya.

“Sebelumnya, jalan di sini penuh dengan lubang dan batu. Sulit bagi kendaraan untuk melintas. Namun, sekarang, setelah Presiden Jokowi turun tangan, kondisi jalan telah membaik drastis, dan mobilisasi menjadi lebih cepat dan mudah,” kata Muhammad Rizal, seorang warga Bolmong.

Dia mengatakan, perjalanan yang dulu memakan waktu hingga 5-6 jam kini dapat ditempuh dalam satu jam atau kurang.

Hal senada disampaikan Poppy, salah satu warga setempat. Dia mengaku merasakan manfaat pembangunan infrastruktur di daerahnya.

“Dulu kondisi jalan sangat buruk, penuh lubang dan sangat menakutkan. Sekarang sudah bagus, mantap. Jalannya sudah licin, aman, enggak menakutkan lagi. Alhamdulillah Bapak Presiden datang ke sini,” ucapnya.

Keduanya berharap, investasi pemerintah di infrastruktur daerah diharapkan terus berlanjut, mengingat manfaat signifikan yang telah dirasakan oleh warga.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono. Selain itu, hadir juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Pj. Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini