Sukses

Mengenal Wisata Raja Ampat, Surga Tersembunyi dengan Keindahan Alam Bawah Lautnya

Raja Ampat menjadi salah satu surga bagi para penyelam di dunia. Pasalnya tempat ini menyimpan keindahan alam bawah laut yang mempesona.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang beragam. Salah satu bukti indahnya alam di Indonesia ada di Raja Ampat sebuah daerah yang dijuluki sebagai surga bawah laut terbesar di dunia.

Raja Ampat berada di ujung barat Pulau Papua dan menjadi destinasi impian bagi para pecinta alam serta sosok yang gemar berpetualang. Raja Ampat menyajikan pesona alam yang indah dengan pengalaman yang tak terlupakan.

Melansir dari Wonderful Indonesia Kepulauan Raja Ampat membentang di area seluas kurang lebih 4,6 juta hektare. Diketahui Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, hingga Misool.

Selain itu di Raja Ampat terdapat sekitar 1.847 pulau-pulau kecil lainnya yang menjadikan tempat ini kaya akan pesona alamnya. Asal usul nama Raja Ampat pun diyakini berasal dari legenda masyarakat setempat.

Konon mereka percaya bahwa zaman dahulu terdapat seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Kemudian empat telur tersebut menetas menjadi raja-raja yang berkuasa di empat pulau utama tersebut.

Sementara sisa tiga telur lainnya menetas dengan berbeda-beda ada yang menjadi batu, menjadi wanita, dan menjadi makhluk gaib atau hantu. Terlepas dari cerita rakyatnya Raja Ampat telah dikenal sebagai surganya para penyelam dan petualang.

Pasalnya Raja Ampat merupakan destinasi diving terbaik di dunia dan diakui oleh organisasi sosial lingkungan internasional bernama The Nature Conservancy and Conservation International.

Organisasi ini melaporkan bahwa Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies karang di dunia yang hidup di kepulauan tersebut. Bahkan keunikan spesiesnya ditemukan sekitar 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak), hingga 537 jenis terumbu karang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Menarik di Raja Ampat

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah aktivitas menarik yang bisa kita lakukan ketika berkunjung ke Raja Ampat:

1. Menyelam atau diving

Raja Ampat menjadi salah satu surga bagi para penyelam karena memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Salah satu spot menarik di Raja Ampat untuk melakukan aktivitas diving ada di kawasan Batu Lima.

Kawasan Batu Lima memiliki kedalaman menyelam sekitar 24 meter dengan kondisi arus yang bermacam-macam. Meskipun begitu keadaan arus di kawasan ini tidak terlalu kuat karena adanya batu karang yang berukuran besar pada dasar laut.

Selain itu kawasan ini menjadi surga bagi penyelam yang ingin melihat terumbu karang cantik dan sejumlah makhluk laut yang menarik.

2. Memberi makan hiu

Ketika berkunjung ke Raja Ampat kita bisa melakukan aktivitas memberi makan hiu di Piaynemo. Piaynemo dikenal sebagai destinasi wisata populer Raja Ampat dan dikenal sebagai gagasan pulau karang yang mempesona.

Piaynemo juga memiliki penangkaran hiu liar di sekitar pulaunya dan biasanya hiu yang ada di lokasi tersebut masih sangat muda dan berukuran kecil. Wisatawan bisa melihat ikan hiu bermain d bawah pos yang ada di tempat tersebut.

Selain itu ikan-ikan yang ada di sekitar pulau tersebut tidak sengaja dipelihara karena suatu waktu bisa datang dengan sendirinya.

3 dari 4 halaman

Aktivitas Menarik di Raja Ampat

3. Snorkeling

Selain menikmati aktivitas diving kita juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat biota laut yang indah di Raja Ampat. Aktivitas snorkeling tersebut bisa dilakukan di perairan yang dangkal.

Wisatawan juga bisa melihat dengan jelas keindahan biota lautnya meski dari perairan dangkal karena perairan di Raja Ampat memiliki air yang jernih.

4. Bird Watching

Raja Ampat tidak hanya dikenal dengan keindahan lautnya saja tetapi juga dapat melihat beragam jenis burung yang cantik di Saporkren, Waigeo Selatan. Melalui tempat wisata ini para pecinta burung bisa melihat beragam burung termasuk burung asli Papua, Cendrawasih.

Sementara itu untuk mengunjungi tempat ini wisatawan harus menjelajahi hutan Pulau Sawinggrai terlebih dahulu. Tentunya perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan pengalaman tak terlupakan mengingat hutan di sekitar memiliki pemandangan alam yang indah.

4 dari 4 halaman

Aktivitas Menarik di Raja Ampat

5. Menikmati Air Terjun Batanta

Air Terjun Batanta merupakan spot air terjun menarik yang lokasinya ada di Pulau Batanta, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Tempat ini menyajikan pemandangan air terjun yang cantik dan dikelilingi oleh hutan yang asri.

Sebagai informasi Air Terjun Batanta memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan aliran air yang jatuh di sekitar batu besar. Selain itu terdapat gua kecil di balik air terjun yang menjadi spot unik air terjun ini.

Untuk melihat keindahan Air Terjun Batanta wisatawan harus menjelajahi pedalaman hutan sekitar 1 km. Meskipun begitu dalam perjalanannya terdapat pemandangan indah mulai dari pepohonan hijau dan suhu yang sejuk.

6. Trekking

Trekking merupakan aktivitas yang cocok untuk wisatawan yang menyukai aktivitas outdoor di pulau Raja Ampat. Pasalnya di pulau ini terdapat sejumlah spot dan rute trekking yang menarik.

Misalnya saja tempat trekking yang populer di Raja Ampat ada di Waisai, Kabui, hingga Piaynemo. Wisatawan yang melakukan aktivitas trekking tentunya akan disuguhkan dengan pesona alam yang sangat indah di Raja Ampat.

Terutama melihat Raja Ampat dan pulau-pulau kecilnya dengan laut tenang berwarna biru dari ketinggian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.