Sukses

Sultan HB X Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya dan Tidak Golput

Dalam pesta demokrasi kali ini Sultan HB X mengajak seluruh warga di DIY untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak seluruh warga di DIY untuk menggunakan hak pilihnya hari ini Rabu (14/2) dengan datang ke TPS demi masa depan bangsa dan negara. Sultan HB X mengatakan Pemilu merupakan peristiwa besar bagi bangsa Indonesia.

"Saya ingatkan untuk besok pagi untuk tetap dapat melaksanakan kewajibannya datang ke TPS. Begitu kami serahkan sepenuhnya pilihan bapak ibu lakukan pada waktu berada di TPS. Ini peristiwa bagi bangsa dan negara," katanya saat menerima kunjungan dari KPU DIY maupun Kota Yogyakarta di Kraton Kilen, Yogyakarta, Selasa (13/02/2024).

Sultan HB X juga meminta kepada masyarakat di DIY agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan keyakinannya. Selain itu, Sultan HB X juga meminta agar masyarakat menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu.

"Gunakan hak pilih saudara jangan golput. Tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan saudara saudara. Selamat melaksanakan pemilu tentukan pilihan untuk bangsa dan negara," katanya.

Sultan HB X berharap pelaksanaan Pemilu ini menjadi budaya demokrasi yang tumbuh subur di DIY. Kepada KPU DIY, Sri Sultan pun berharap lembaga itu dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu dengan sukses dan amanah.

"Pemilu seperti ini bukan sekedar aspek kedaulatan rakyat dan peristiwa politik. Kami sebagai warga negara mengikuti Pemilu juga berarti melakukan perilaku budaya. Karena ini peristiwa budaya, harapan saya demokrasi juga bisa jadi budaya masyarakat DIY. Saya maunya demokrasi itu jadi kebiasaan masyarakat," kata Sri Sultan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY, Sri Surani mengatakan, kedatangan KPU DIY dan KOta Yogyakarta ini untuk mengantarkan undangan pemilih dilakukan langsung oleh petugas KPPS TPS 12 di RW 09, Ndalem Cokronegaran sebagai lokasi Gubernur DIY dan keluarga. Selain itu, kunjungan kepada Sri Sultan ini juga sekaligus untuk melaporkan perkembangan penyelenggaraan Pemilu 2024 di DIY.

"Pada kesempatan ini, kami menyampaikan 11 undangan peserta Pemilu bagi Sri Sultan dan keluarga," imbuhnya.

Selain Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pun menerima undangan Pemilu 2024 dari KPU DIY di Puro Pakualaman, Selasa (13/2). Undangan tersebut diserahkan langsung oleh Sri Surani selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY dan Purwanto Pamungkas selaku Ketua KPPS TPS 19 Gedung Donoworo, Puro Pakualaman.

Sri Paduka mengajak seluruh masyarakat, agar turut berpartisipasi mensukseskan pesta demokrasi 2024. Sri Paduka juga mengimbau, agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS dan memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani. Pun berharap agar pemilu tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

"Mari kita junjung tinggi demokrasi dengan tidak Golput. Karena suara kita, menentukan masa depan bangsa," ungkap Sri Paduka.

Sri Surani mengatakan KPU DIY menargetkan tingkat partisipasi masyarakat DIY sebesar 85% dalam Pemilu kali ini.

"Semoga target yang diharapkan dapat tercapai, seluruh pelaksanaan berjalan dengan lancar, dan kami serta teman-teman yang bertugas mampu melaksanakan tugas itu dengan baik," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.