Sukses

Bandrek, Rekomendasi Minuman Tradisional Priangan Penghangat Tubuh di Musim Dingin

Liputan6.com, Jakarta - Musim dingin seringkali menjadi momen yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun cuaca dingin juga bisa membuat tubuh terasa kaku dan kedinginan.

Untuk mengatasi rasa dingin dan menghangatkan tubuh, salah satu minuman tradisional yang populer di Indonesia adalah bandrek. Bandrek bukan hanya sekadar minuman, tetapi juga merupakan warisan budaya yang telah turun-temurun dari generasi ke generasi.

Bandrek merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya adalah jahe, gula merah, dan rempah-rempah lain seperti kayu manis, cengkeh, dan pandan.

Kombinasi bahan-bahan alami ini memberikan rasa hangat dan khas yang sangat menyegarkan. Jahe, sebagai bahan utama dalam bandrek, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam jahe juga membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Untuk membuat bandrek, jahe segar diparut dan direbus bersama dengan gula merah dan rempah-rempah lainnya. Proses perebusan ini memungkinkan semua khasiat bahan-bahan tersebut larut dalam air, menghasilkan minuman yang kaya akan nutrisi dan rasa.

Bandrek biasanya disajikan panas, terutama saat cuaca dingin. Minuman ini sangat cocok dinikmati di pagi hari atau malam hari, saat suhu udara terasa lebih rendah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Kesehatan

Beberapa orang juga menyukai tambahan ketan atau kacang sangrai sebagai pelengkap, memberikan tekstur yang lebih nikmat saat diminum.

Selain menyajikan kenikmatan bagi lidah, bandrek juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu.

Kandungan jahe dalam bandrek membantu melonggarkan saluran pernapasan, meredakan batuk, dan mempercepat pemulihan. Bandrek bukan hanya sekadar minuman, tetapi juga warisan budaya yang kaya akan manfaat kesehatan.

Dengan cita rasa yang hangat dan khas, serta khasiatnya yang menghangatkan tubuh dan menyegarkan pikiran, bandrek merupakan pilihan minuman yang sempurna untuk dinikmati di musim dingin atau kapan pun tubuh membutuhkan sentuhan hangat dari dalam.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.