Sukses

Berlibur ke Labuan Bajo? Intip 6 Rekomendasi Spot Wisatanya

Labuan Bajo menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan wisata indah. Tempat ini bahkan disebut-sebut sebagai daerah yang menyimpan surga tersembunyi.

Liputan6.com, Bandung - Labuan Bajo merupakan salah satu daerah di Indonesia bagian timur yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi. Daerah ini mempunyai sejumlah tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah.

Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Labuan Bajo juga masuk dalam daftar destinasi yang sedang dikembangkan di Indonesia.

Lokasi ini juga menjadi tempat untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo yang mempunyai keindahan alam dan hewan purba yang menakjubkan. Kemudian terdapat pulau eksotis indah dengan pantai yang memanjakan mata.

Wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo bisa menikmati pemandangan langit senja dengan laut yang jernih. Bahkan, pengunjung juga bisa pergi ke daerah bukit untuk menikmati pemandangan langit dari ketinggian.

Selain bersantai di pantai atau menikmati pasir yang lembut, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas outdoor yang menyenangkan. Misalnya, saja melakukan trekking singkat ke kawasan air terjun dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga bisa menikmati laut yang indah dengan menginap di kapal selama beberapa hari dan berlayar untuk mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitar. Kemudian juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam.

Saat ini, sudah ada banyak jasa penyedia open trip beberapa hari ke tempat wisata populer di Labuan Bajo. Adapun sebagai inspirasi berlibur, berikut ini adalah enam rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftarnya

1. Pink Beach

Pink Beach merupakan pantai eksotis yang memiliki pemandangan indah hingga pasir berwarna merah muda yang cantik. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Merah di Pulau Komodo.

Melansir dari beberapa sumber wisatawan bisa menikmati Pink Beach untuk melihat beragam jenis ikan, batu karang, hingga biota laut lainnya. Aktivitas seru yang bisa dilakukan salah satunya adalah snorkeling.

Lokasi Pink Beach masuk kawasan Labuan Bajo atau lebih tepatnya berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Wisatawan yang ingin mengunjungi Pink Beach harus menggunakan kapal.

2. Bukit Sylvia

Melansir dari labuanbajotour Bukit Sylvia merupakan tempat wisata di Labuan Bajo yang dikenal dengan pesona indah melihat pemandangan laut dari ketinggian. Lokasinya berada di Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bukit Sylvia juga sering disebut sebagai Bukit Cinta karena suasananya yang romantis disertai panorama alam yang indah. Ketika berada di puncak Bukit Sylvia wisatawan bisa melihat indah laut dan kapal-kapal yang berlabuh.

Pendakian ke Bukit Sylvia juga tidak terlalu sulit karena ada jalan setapak yang bisa dilalui. Lokasi ini cocok dikunjungi pada waktu sunrise atau sunset untuk menikmati pemandangan yang indah dan tak ternilai harganya.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Batu Cermin

Batu Cermin adalah tempat wisata yang terletak di pusat kota Labuan Bajo dan termasuk spot wisata populer. Melansir dari Kemenparekraf tempat wisata ini dapat dikunjungi dengan mudah sekitar 10 hingga 15 menit dari Pelabuhan dan Bandara Komodo Labuan Bajo.

Seperti namanya Batu Cermin merupakan sebuah gua eksotik yang mempunyai pemandangan menakjubkan. Pengunjung bisa mengelilingi gua hingga berfoto di batu-batu eksotik di dalam Batu Cermin.

Jalan masuk ke tempat wisata ini juga mudah untuk dikunjungi dan wisatawan bisa menikmati keindahan gua dengan udara yang asri dan pemandangan tumbuhan hijau yang ada di sekitar.

4. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa merupakan pulau yang lokasinya berdekatan dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Lokasinya berada di Pasir Putih, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa menikmati sejumlah kegiatan mulai dari menyelam, relaksasi, menikmati pemandangan sunset dan sunrise, hingga hiking menaiki bukit yang ada di tengah pulau.

Perairan di Pulau Kanawa juga cukup dangkal sehingga wisatawan senang melakukan snorkeling di pulau tersebut. Selain itu ada terumbu karang, koral, biota laut, hingga ikan pari manta dan hiu paus yang sering ditemukan di sekitar Pulau Kanawa.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah tempat wisata populer yang sudah tidak asing bagi para wisatawan lokal. Pulau ini berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara dan berada di sebelah timur Pulau Sumbawa.

Seperti namanya Pulau ini merupakan habitat asli dari hewan purba Komodo yang sangat menakjubkan. Pulau ini juga menjadi kawasan taman nasional yang dikelola oleh Pemerintah pusat.

Untuk berkunjung ke Pulau Komodo biasanya wisatawan akan dibawa dari pelabuhan Labuan Bajo. Wisatawan akan menaiki kapal wisata sehingga bisa melihat pemandangan laut dan pulau sekitar yang indah.

6. Wae Rebo

Melansir dari Wonderful Indonesia Wae Rebo adalah sebuah desa adat yang berlokasi di Kabupaten Manggarai di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa wisata ini juga mendapatkan Top Award of Excellence dari UNESCO pada 2012.

Wae Rebo menyajikan pengalaman menarik tentang desa adat kecil yang lokasinya jauh dari perkotaan. Desa ini berada di sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut dan membutuhkan perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan.

Mengunjungi Desa Wae Rebo bisa memulai perjalanannya dengan titik awal di Bandara Komodo yang ada di Labuan Bajo. Kemudian bisa menggunakan mobil travel dengan waktu tempuh 3-4 jam perjalanan.

Setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek selama 3-4 jam untuk tiba di Desa Denge dan selanjutnya melakukan perjalanan dari desa tersebut ke Desa Adat Wae Rebo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini